Sukses


5 Kali Main Belum Pernah Menang, Bupati Ciamis Gemas dengan Kiprah PSGC

Bola.com, Ciamis - Hasil buruk yang dialami PSGC Ciamis di pentas Liga 2 2019 memantik reaksi Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya. Betapa tidak, Laskar Galuh belum pernah merasakan nikmatnya kemenangan dari lima kali berlaga. Joko Sasongko dkk. kini jadi juru kunci Grup Barat lantaran belum mengoleksi satu poin pun. 

"Saya benar-benar gemas dengan prestasi PSGC musim ini. Dalam sejarah klub ini, baru tahun ini catatan kami sangat buruk. Saya sangat prihatin dengan tim ini. Kondisi ini memaksa saya harus turun gunung," tutur Herdiat Sunarya. 

Maklum, Herdiat Sunarya yang menghidupkan PSGC Ciamis mulai Divisi 2 pada 2010 hingga kini berkiprah di Liga 2 2019. Pada 2014, PSGC bahkan nyaris promosi ke ISL. Langkah tim yang saat itu dibesut Heri Rafni Kotari, dijegal Borneo FC pada semifinal di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. 

"Saya tak mungkiri. Kemenangan saya pada Pilkada Bupati Ciamis 2018, karena dukungan pencinta PSGC. Jadi, saya punya tanggung jawab moral untuk memotivasi tim ini," katanya. 

Dalam aturan Kemendagri, sebagai bupati, Herdiat Sunarya memang dilarang menjabat atau terlibat di sepak bola profesional.

"Saya yang menghidupkan dan membiayai PSGC mulai Divisi 2. Jadi, jiwa saya ada di PSGC. Sekarang saya memotivasi tim dari luar ring," ujarnya. 

Dari lima kali bertanding, ironisnya dua kali kalah di kandang. PSGC Ciamis dipermalukan Persita 0-1 dan Persiraja 2-3.

"Tim ini bagus. Yang bikin saya gemas, pada tiga pertandingan melawan Sriwijaya FC, Babel United, dan Persiraja, kami cetak gol duluan. Tapi, skor akhirnya selalu kalah," ucapnya. 

2 dari 2 halaman

Fasilitas Baik

Padahal, lanjut Herdiat Sunarya, manajemen telah memberikan segala fasilitas dengan baik, termasuk gaji lancar dan iming-iming bonus.

"Sampai saya siapkan uang pribadi untuk bonus pemain. Tapi, hingga sekarang tetap utuh, karena pemain belum pernah menang. Saya bingung, apa yang salah dengan tim PSGC," kata mantan CEO PSGC ini. 

Di sisi lain, PSGC memang terlambat membentuk tim. Kendati begitu, manajemen mampu mendatangkan mantan asisten Persib Herrie 'Jose' Setiawan sebagai pelatih. Termasuk Zulvin Zamrun, saudara kembar Zulham Zamrun (PSM Makassar), serta bek naturalisasi berpengalaman Bio Paulin.

5 Pertandingan PSGC di Liga 2 2019

PSGC vs Persita 0-1

Sriwijaya FC vs PSGC 3-1

Babel United vs PSGC 2-1

PSGC vs Persiraja 2-3

Perserang vs PSGC 1-0

Video Populer

Foto Populer