Sukses


PSSI Bakal Punya Ketua Umum Baru pada November 2019

Bola.com, Jakarta - Kongres PSSI untuk pemilihan ketua umum berpeluang dipercepat menjadi 2 November 2019. Sebelumnya, agenda tersebut terjadwal pada Januari 2020.

Rencana ini muncul setelah PSSI menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (27/7/2019) malam. Kongres tersebut dihadiri 86 voter yang terdiri dari 34 anggota Asosiasi provinsi (Asprov), 18 klub Liga 1, 16 Liga 2, 16 Liga 3, dan dua asosiasi yakni futsal dan sepak bola wanita.

"Dalam rangkaian kongres ini, Exco memutuskan untuk mempercepat kongres pemilihan, namun demikian karena kami memiliki induk organisasi, kami harus menyampaikan perubahan tersebut dalam bentuk surat," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto.

"Setelah selesai KLB, Exco (Komite Eksekutif) akan menggelar emergency meeting terkait hal percepatan ini," tambahnya.

Meski begitu, keputusan untuk memajukan kongres pemilihan Ketua Umum PSSI belum tetap. Iwan akan lebih dulu berkoordinasi dengan FIFA dan AFC untuk meminta persetujuan.

"Maka kalau dipercepat menjadi 2 November, maka kami akan merumuskan tahapannya dan kami masih akan bersurat kepada FIFA," imbuh Iwan.

"Karena FIFA dan AFC tidak dalam posisi mengizinkan dan tidak mengizinkan. Jadi kami memang harus notifikasi kepada mereka," tutur Plt Ketum PSSI itu.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Nama Muncul ke Permukaan

Nama-nama bakal calon Ketua Umum PSSI telah muncul ke permukaan. Salah satu yang paling bergeliat adalah Sekretaris Utama (Sestama) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Komjen Pol Mochamad Iriawan.

Pria yang karib dipanggil Iwan Bule ini bahkan telah mengunjungi beberapa daerah untuk menggalang dukungan. Figur lain yang juga mulai terang-terangan berminat maju menjadi Ketua Umum PSSI adalah mantan manajer Timnas Indonesia U-23, Rahim Soekasah.

Video Populer

Foto Populer