Sukses


Protes Singapura dan Myanmar Dianggap Tak Berdasar, AFF Nyatakan Paulo Freitas Sah Tampil di Piala AFF U-15 2019

Bola.com, Jakarta - AFF pada Minggu (4/8/2019) sudah mengambil keputusan perihal dugaan pencurian umur yang terjadi di Piala AFF U-15 2019 yang sedang berlangsung di Chonburi, Thailand.

AFF sudah melakukan penyelidikan atas protes yang diajukan Singapura dan Myanmar, perihal dugaan pencurian umur yang mengarah pada pemain Timor Leste, Paulo Freitas.

Paulo Freitas, pemain sekaligus kapten Timnas Timor Leste itu diduga sudah melebihi usia 15 tahun.

"Komite Disiplin & Etika Ad Hoc AFF memutuskan bahwa protes yang diajukan oleh Myanmar dan Singapura tidak berdasar dan diberhentikan sesuai dengan itu," demikian pernyataan resmi AFF seperti dilansir dari situs resmi AFF.

"Pemain Paulo D. G. Da C. Freitas (Jsy No. 10) dari Timor-Leste dianggap memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan AFF U-15 2019 sesuai Pasal 5.1 Peraturan Turnamen AFF U-15 Championship 2019."

"Putusan tersebut muncul setelah penyelidikan menyeluruh dan konklusif oleh AFF, berdasarkan evaluasi dokumen dan laporan medis," tulis AFF.

2 dari 2 halaman

Timor Leste Menonjol

AFF kali pertama mengangkat dugaan ini pada Kamis (31/7/2019). Ketika itu, melalui situs resmi, AFF mengumumkan sedang melakukan penyelidikan atas dugaan tersebut, setelah menerima protes dari tim peserta pada Senin (29/7/2019).

AFF saat itu tidak mengungkap tim peserta yang mengajukan protes, begitu pula pemain dan tim yang diduga melakukan pelanggaran pencurian umur. Namun, AFF berjanji akan terus memberikan informasi perihal penyelidikan kasus ini.

Seperti diketahui, Timnas Timor Leste U-15 tergabung Grup A dalam penyisihan Piala AFF U-15 2019 bersama Singapura, Malaysia, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

Penampilan Paulo Freitas dkk. cukup menonjol, belum terkalahkan hingga partai keempat. Paulo Freitas bahkan memimpin daftar top scorer sementara dengan koleksi tujuh gol sejauh ini. 

Sumber: AFF

Video Populer

Foto Populer