Sukses


3 Kiper Fenomenal di Liga 1 2019

Bola.com, Jakarta - Kehebatan penjaga gawang banyak berkontribusi terhadap pencapaian sebuah klub di Shopee Liga 1 2019. Tim yang susah dibobol karena tangguhnya sang kiper, niscaya akan lebih mudah memetik kemenangan.

Persija Jakarta pada Liga 1 musim adalah contoh paling nyata kehebatan penjaga gawang mengantar mereka menuju tangga juara. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu punya dua kiper tangguh dalam diri Andritany Ardhiyasa dan Shahar Ginanjar.

Setelah membawa Persija menjadi kampiun, Andritany bahkan didaulat sebagai kapten Timnas Indonesia.

Namun, penampilan Andritany di Liga 1 2019 mulai menurun. Begitu pula Shahar. Akibatnya, Persija terpuruk di zona degradasi untuk sementara waktu.

Nama-nama kiper tangguh pada dua musim belakangan adalah Muhammad Ridho Djazulie dan Adhitya Harlan. Keduanya kerap memimpin daftar penyelamatan terbanyak dalam satu musim.

Sayang, sosok Ridho, Harlan, dan Andritany bahkan tak masuk dalam lima besar kiper dengan saves tertinggi. Lantas, siapa saja kiper tangguh di Liga 1 2019 berdasarkan jumlah penyelamatan?

2 dari 4 halaman

Angga Saputro (Tira Persikabo)

Angga Saputro adalah kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak keempat di musim ini. Penjaga gawang Tira Persikabo itu mampu mengemas 36 saves dari 11 pertandingan.

Penamlilan heroik Angga membuat Tira Persikabo kini nyaman di puncak klasemen sementara. Tim berjulukan Laskar Pajajaran itu membukukan 29 poin dari 13 pertandingan.

3 dari 4 halaman

Ega Rizky Pramana (PSS Sleman)

Dari sembilan pertandingan bersama PSS Sleman, catatan individual Ega Rizky Pramana sungguh memesona. Kiper berusia 26 tahun ini mengoleksi 33 penyelematan.

Jumlah tersebut mengantar Ega Rizki masuk ke dalam lima besar kiper dengan penyelamatan tersering. Berkat penampilan heroiknya, PSS mampu bertengger di peringkat keempat klasemen sementara.

4 dari 4 halaman

Teja Paku Alam (Semen Padang)

Lemahnya lini pertahanan Semen Padang mau tak mau membuat Teja Paku Alam jatuh bangun menjaga gawangnya. Kiper berusia 25 tahun ini adalah penjaga gawang dengan total saves terbanyak yang mencapai 45 penyelamatan.

Teja membukukan 45 saves dari 11 pertandingannya di Liga 1 2019. Karena kejeniusan Teja, Semen Padang hanya kebobolan 18 gol dari 11 laga meski berstatus sebagai tim juru kunci.

Video Populer

Foto Populer