Sukses


Eduard Tjong Ngotot Mundur Sebagai Pelatih Madura FC Sebagai Bentuk Komitmen

Bola.com, Sumenep - Keputusan yang diambil Eduard Tjong mundur dari kursi pelatih Madura FC membuat pengurus dan pemain sedih. Mereka, terutama pemain, telah lima bulan akrab dengan Edu, panggilan akrab Eduard Tjong, sejak tahap seleksi hingga kompetisi Liga 2 2019 bergulir.

"Saya pamit dengan pemain pada Sabtu (10/8/2019), saat latihan terakhir. Ketika itu, sekalian saya pamit dengan mereka. Mayoritas pemain sedih dan minta saya bertahan. Tapi, mereka tak tahu komitmen saya dengan manajemen," ujar Eduard Tjong. 

Pemain tak pernah menduga pelatih asal Solo itu begitu cepat meninggalkan skuat berjulukan Jokotole itu. Apalagi, sebelumnya tak ada tanda-tanda atau rumor pergantian tampuk kepelatihan. Prestasi Madura FC di Grup Timur Liga 2 2019 juga tak begitu mengecewakan.

Apa penyebab mantan arsitek Timnas Indonesia U-19 itu lengser dari Madura FC? 

"Saya mundur karena memenuhi komitmen dengan manajemen. Pertama masuk tim ini, saya memang berjanji bila pada lima pertandingan awal hasil Madura FC buruk, saya akan mundur. Ternyata hasilnya memang jelek. Maka saya harus menepati janji itu," tutur Edu. 

Sebenarnya, lanjut Eduard Tjong, dari jajaran manajemen, terutama Manajer Tim, Januar Herwanto, keberatan dirinya menyerahkan jabatan. Karena ikatan batin sangat kuat, Edu memberi kelonggaran tetap bertahan hingga laga kedelapan. 

"Seharusnya saya sudah mundur pada pertandingan kelima, setelah kami dikalahkan Persis di kandang. Tapi, manajer melarang saya mundur hingga tiga pertandingan berikutnya. Selanjutnya, kami memang sempat diimbangi Persik, tapi dua partai lainnya memang," ungkap Edu. 

Eduard Tjong membuat komitmen pada lima pertandingan awal akan mundur karena dia melihat prestasi Madura FC mampu menembus babak delapan besar Liga 2 2018.

"Manajemen memberi target minimal saya bisa seperti musim lalu. Makanya, saya pun bikin komitmen profesional seperti itu. Manajer sempat minta saya tetap bertahan, karena tiga pertandingan terakhir cukup bagus dapat tujuh poin. Tapi, saya berkukuh tetap mundur," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Hasil 8 Pertandingan Madura FC 

Putaran Pertama Grup Timur Liga 2 2019

Madura FC vs Sulut United 1-0 

Madura FC vs Persewar 1-1 

Martapura FC vs Madura FC 1-0 

PSBS vs Madura FC 1-0 

Madura FC vs Persis 0-1

Madura FC vs PSIM 2-0 

Madura FC vs Persik Kediri 1-1

Madura FC vs Persiba 1-0

Video Populer

Foto Populer