Sukses


Tim Pelajar Indonesia U-16 Juara Gothia Cup 2019 China

Bola.com, Qingdao - Tim Pelajar Indonesia U-16 berhasil mempertahankan gelar juara Boys U16 Gothia Cup China. Dalam final tahun ini yang digelar di Qingdao, Jumat (16/8/2019), Tim Pelajar Indonesia ini berhasil meneruskan prestasi kakak tingkatnya pada tahun lalu.

Tim Pelajar Indonesia U-16 yang dibentuk Kemenpora dan didukung Aqua berhasil mengalahkan Easterns High School FC dengan skor 5-0 di pertandingan puncak. Ini merupakan pertemuan kedua dari kedua tim yang sempat bertemu di fase grup.

Pada pertemuan di fase grup, Tim Pelajar Indonesia U-16 menang 3-1 atas Easterns High School, yang merupakan wakil dari Afrika Selatan. Sekarang di pertandingan final, Tim Pelajar kembali menunjukkan hegemoninya.

Lima gol Tim Pelajar Indonesia U-16 dalam laga tersebut dicetak Nadhif Girasta Kosasih, yang mengemas hattrick, ditambah dua gol yang masing-masing dicetak Fadel Muhammad dan Alif Saviola.

Keberhasilan ini juga membuat Tim Pelajar Indonesia mencetak hattrick di pentas internasional. Selain tahun lalu dan saat ini, pada 2017 Tim Pelajar pernah menjadi juara Malaysia Borneo Football Cup, turnamen yang berlangsung di Kinabalu, dengan Tier III AFC.

"Alhamdulillah bisa kembali juara. Berarti sudah tiga kali beruntun saya mengantar Tim Pelajar juara di turnamen internasional," kata Maman Suryaman, pelatih Tim Pelajar Indonesia U-16.

"Kualitas pemain yang ada memang bagus. Jadi tidak sulit buat saya menyatukan mereka sebagai tim," lanjutnya.

Kesuksesan Tim Pelajar Indonesia U-16 hasil pemantauan seri nasional Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2018 ini makin lengkap dengan status tim paling produktif. Tim Pelajar total mencetak 34 gol sejak fase grup sampai final. Gawang Tim Pelajar juga hanya kebobolan satu kali.

 

2 dari 2 halaman

Sabet Penghargaan Pemain Terbaik

Selain menyabet gelar juara, seorang pemain Tim Pelajar Indonesia U-16, Nadhif Girasta Kosasih, terpilih sebagai pemain terbaik di kategori Boys 16. Ia dinilai mampu menjadi motor tim.

"Saya terkejut jadi pemain terbaik. Soalnya rekan-rekan setim semua juga main bagus selama turnmen," kata Nadhif.

Pemain yang tahun lalu mengantarkan Trisakti FC juara Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2018 ini sebelumnya juga pernah menjadi pemain terbaik ketika bermain di kategori Boys 15 Gothia Cup China pada 2018.

"Ini kedua kalinya saya jadi pemain terbaik. Semoga ini jadi pendorong bagi saya untuk terus meningkatkan kemampuan. Saya masih  harus terus belajar," tutur pemain PS Tira Persikabo U-16 itu.

 

Video Populer

Foto Populer