Sukses


Aryn Williams Datang, Persebaya Belum Tentu Mencoret Manuchehr Jalilov

Bola.com, Surabaya - Kedatangan Aryn Williams ke Persebaya benar-benar menjadi perbincangan di kalangan Bonek, suporter Persebaya, terutama di jagat media sosial. Mereka mengaitkan kehadiran Williams dengan nasib Manuchehr Jalilov.

Beberapa akun media sosial yang mengatasnamakan Bonek, menggiring opini bahwa Jalilov dipastikan bakal dicoret untuk membuka peluang bergabungnya Williams. Penyebabnya, kedua pemain itu sama-sama berstatus sebagai pemain Asia, atau tepatnya berasal dari negara anggota AFC.

Anggapan itu muncul mengingat Regulasi Liga 1 2019 mengatur setiap klub kontestan hanya memperbolehkan memiliki maksimal empat pemain asing. Komposisi itu diatur dengan ketentuan tiga plus satu, yang dianggap sebagai tiga pemain bebas konfederasi dan satu dari AFC.

Padahal, ayat yang mengatur perihal pemain asing tidak membatas jumlah pemain yang berasal dari negara anggota AFC. Dalam Pasal 24 mengenai pendaftaran pemain, tercantum ketentuan mengenai hal ini di ayat 3 yang berbunyi:

"Klub diperbolehkan mendaftarkan 3 pemain asing (non warga negara Indonesia) dan 1 pemain asing tambahan (warga negara anggota AFC)."

Hal itu berarti, setiap klub sebenarnya hanya diperbolehkan mendaftakan tiga pemain asing saja. Kalaupun ingin menambah satu lagi, pemain itu harus berasal dari negara anggota AFC. Dengan begitu, klub bisa memiliki empat pemain asing.

Ketentuan itu tidak membatasi jumlah pemain Asia yang dimiliki oleh klub, menjadi hanya satu saja. Dengan begitu, Jalilov dan Williams sama-sama tetap bisa didaftarkan sebagai pemain asing Persebaya di putaran kedua.

Contoh nyata komposisi seperti itu pernah diterapkan Sriwijaya FC pada musim lalu dengan memiliki dua pemain Asia sekaligus, yaitu Jalilov dan Yoo Hyun-koo (Korea Selatan). Dua pemain asing lainnya memang berasal dari konfederasi lain.

2 dari 2 halaman

Keputusan Persebaya

Tetapi, manajer Persebaya, Candra Wahyudi, masih enggan angkat bicara mengenai komposisi pemain asingnya. “No comment,” ungkap pria berusia 42 tahun tersebut.

Meski bisa mendaftarkan dua pemain AFC sekaligus, Persebaya masih menghadapi masalah slot pemain asing. Tim Bajul Ijo saat ini memiliki lima pemain asing setelah striker asal Guinea-Bissau, Amido Balde, memutuskan hengkang.

Selain tiga nama yang sudah disebut, Bajul Ijo masih mempunyai David da Silva, Damian Lizio, dan Otavio Dutra. Permasalahan ini akan selesai bila Dutra, yang kini masih dalam proses naturalisasi, sudah resmi menjadi WNI.

Jika tidak, Persebaya harus mencoret satu dari lima nama impor yang dimilikinya. Situasi ini masih tergantung keputusan Persebaya, bahkan Jalilov juga bisa dilepas. Tinggal bagaimana manajemen Persebaya, yang masih bungkam kepada awak media, akan membuat keputusan tersebut.

Video Populer

Foto Populer