Sukses


Evaluasi Pelatih Kalteng Putra Setelah Putaran Pertama Shopee Liga 1: Posisi ke-12 Tak Jelek

Bola.com, Palangkaraya - Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira, membuat penilaian terkait performa timnya selama putaran pertama Shopee Liga 1 2019. Dia menyebut Laskar Isen Mulang telah tampil dengan baik.

Kalteng Putra kini menduduki peringkat ke-12 dengan mengoleksi 17 poin dari 16 pertandingan yang telah dijalani. Sebagai klub promosi, hasil itu sudah cukup untuk membuat tim bisa bertahan dan bersaing di papan tengah Liga 1.

"Saya menilai kami sangat baik. Dari 16 pertandingan, kami cuma main tiga kali di kandang dan kumpulkan 17 poin. Tidak jelek. Kami harus bermain lebih banyak di kandang," kata pelatih asal Brasil itu.

"Tapi, kami juga harus bisa juga ambil poin di luar kandang. Putaran pertama, berpengaruh juga kami bermain di luar kandang terus pada awalnya. Putaran kedua, saya yakin bisa lebih baik," imbuh Gomes.

Kalteng Putra sempat mengalami momen berat selama putaran pertama dengan bermain di luar Kalimantan. Mereka sempat bermain tujuh laga kandang, dengan tiga di antaranya dimainkan di Stadion Sultan Agung, Bantul, yang jadi markas sementara.

2 dari 3 halaman

Tak Libur

Hasilnya mereka tak pernah menang, dengan perincian satu seri dan dua kalah. I Gede Sukadana cs. bahkan sempat menjalani laga kandang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, saat menjamu PSS Sleman dan kalah 0-2 (7/7/2019).

Namun, mereka punya "stok" dua kemenangan tandang, dua yakni saat bertandang ke markas PSIS Semarang (16/5/2019) dan Barito Putera (22/6/2019). Berikutnya, mereka kembali ke ke markas asli, Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, dan menjalani tiga laga kandang.

Kalteng Putra berhasil memenangi semua laga kandang tersebut saat menjamu Semen Padang (2/8/2019), Arema (7/8/2019), dan Bhayangkara FC (25/8/2019).

Gomes tidak memberi libur, meski saat ini memasuki jeda kompetisi. Dia fokus memperbaiki beberapa kekurangan timnya demi menatap putaran kedua dalam 17 laga, plus satu laga tunda putaran pertama menjamu PSM Makassar.

"Kami mungkin tidak banyak libur karena harus memperbaiki tim ini. Kami harus menatap putaran kedua lebih siap dan mantap dari putaran pertama. Kami tidak punya banyak waktu untuk memperbaiki. Kami harus bekerja terus karena waktu mepet," ungkap Gomes.

3 dari 3 halaman

Bidik Pemain Baru

Kalteng Putra saat ini menunggu beberapa pemain baru yang sudah dalam bidikan. Gomez merencanakan beberapa perubahan pada skuat, meski masih belum mengungkap nama-nama pemain tersebut.

"Kami juga menunggu pemain baru yang akan datang. Tentunya, kami masih tunggu kabar dari manajemen kapan pemain itu akan datang. Kami harus konfirmasi lagi, apa mereka datang untuk bikin Kalteng Putra lebih kuat," ucap pelatih berusia 56 tahun itu.

Video Populer

Foto Populer