Sukses


Simon McMenemy Ajak Suporter Timnas Indonesia Penuhi SUGBK

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, mengimbau suporter untuk datang dan mendukung langsung ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada laga melawan Malaysia, Kamis (5/9/2019).

Simon menyebut, atmosfer stadion kebanggaan masyarakat Indonesia itu terasa menyeramkan untuk lawan jika dalam kondisi penuh.

Timnas Indonesia akan menjamu Malaysia pada laga pembuka Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Laga melawan Malaysia selalu menyita perhatian buat masyarakat Indonesia.

Hal tersebut tak terlepas dari rivalitas panjang dari kedua tim. Simon McMenemy bahkan terkenang, SUGBK sangat tidak bersahabat untuk tim lawan yang datang jika dipenuhi suporter.

Pengalaman itu pernah dialami langsung oleh Simon McMenemy ketika menukangi Timnas Filipina pada 2010. Ketika itu, tim asuhannya kalah dalam dua pertandingan dengan skor identik 1-0 di SUGBK.

"Dulu saya pernah mengalaminya ketika bersama Timnas Filipina. Ruang ganti rasanya terguncang karena suporter yang ramai," kenang Simon McMenemy dalam jumpa pers jelang laga, Rabu (4/9/2019).

"Untuk memberikan instruksi di ruang ganti saja susah. Debu-debut dari atap berjatuhan. Saya pernah datang sebagai lawan dan betapa menakutkannya SUGBK ketika penuh," ujar pelatih asal Skotlandia itu.

Atas dasar itulah, Simon McMenemy meminta suporter untuk datang langsung memberikan dukungan. Dengan 'teror psikologis' yang diberikan ke lawan tentu akan memudahkan Timnas Indonesia untuk memetik kemenangan.

2 dari 2 halaman

Miniatur Piala AFF 2020

Pelatih Simon McMenemy mengaku tak berharap bisa berjumpa Malaysia pada laga pembuka Kualifikasi Piala Dunia 2022. Menurut Simon, laga melawan Malaysia, Thailand, dan Vietnam ibarat seperti miniatur Piala AFF.

"Saya mengharapkan dukungan penuh. Saya harap stadion penuh, ramai, sehingga menjadi tambahan kekuatan. Mudah-mudahan kami bisa menang," tegas Simon McMenemy.

Simon awalnya berharap agar Timnas Indonesia mendapatkan lawan lain, terutama negara-negara Asia lainnya. Hal itu dilakukan untuk mematangkan pengalaman dari Timnas Indonesia.

"Saya tak berharap Timnas Indonesia melawan Malaysia pada laga pertama. Harapan saya undiannya melawan negara Asia agar mendapatkan pengalaman. Namun, melawan Malaysia tentu akan menjadi motivasi dan ujian mental yang banyak," tegas Simon.

Video Populer

Foto Populer