Sukses


Pelatih Timnas Indonesia U-16 Membatasi Penggunaan Gawai oleh Para Pemain

Bola.com, Jakarta - Gawai para pemain Timnas Indonesia U-16 disita staf pelatih Bima Sakti Tukiman dan kawan-kawan sebelum bertanding. Menjaga Fokus jadi tujuan utama pelatih dalam membatasi penggunaan gawai tersebut.

Timnas Indonesia U-16 mengawali Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 dengan kemenangan. Menghadapi Filipina, Senin (16/9/2019) di Stadion Madya, Jakarta, skuat berjulukan Garuda Muda itu berpesta empat gol tanpa balas.

Bima Sakti mencontohkan Marselino Ferdinan, yang rela gawainya disita sebelum bermain.

"Mungkin bisa tanya langsung Marsel. Sampai semalam dia belum memegang handphone. Jadi mungkin rindunya luar biasa ke orang tua," kata Bima Sakti.

"Dia belum pegang handphone dari kemarin pagi sampai semalam. Kemudian kemarin sore hanya satu jam dia memakai handphone."

"Kami kasih handphone hanya untuk meminta restu ke orang tua. Setelah itu, handphone dikumpulkan dan kami atur penggunaannya," ungkap Bima Sakti.

2 dari 2 halaman

Bijak Gunakan Media Sosial

Bima Sakti juga menekankan terhadap para pemain Timnas Indonesia U-16 untuk berhati-hati memakai media sosial (medsos). Bima tak ingin anak asuhnya terbuai dengan pujian warganet.

"Terutama media sosial, mereka lebih bijak menanggapi. Apalagi baru menang, pasti banyak pujian," kata Bima.

"Saya bilang ke mereka, kami belum apa-apa. Nanti melawan Kepulauan Mariana Utara, Brunei Darussalam, dan China lebih berat. Oleh sebab itu, setiap pertandingan harus," jelas Bima Sakti.

Video Populer

Foto Populer