Sukses


Krisis Kiper Timnas Indonesia, Mantan Pelatih Kurnia Meiga Angkat Bicara

Bola.com, Malang - Timnas Indonesia masih punya masalah di sektor penjaga gawang dalam tiga laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Pelatih kiper Arema FC, Yanuar Hermansyah, menyebut sejauh ini belum ada kiper setangguh Kurnia Meiga Hermansyah untuk mengawal gawang Tim Garuda.

Masalah di sektor penjaga gawang itu terlihat dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Saat kalah 0-5 dari Uni Emirat Arab, Kamis (10/10/2019), Timnas Indonesia sudah mencoba kiper baru, Wawan Hendrawan. Kiper Bali United itu mendapatkan kesempatan setelah Andritany harus kebobolan enam gol dalam dua laga sebelumnya.

Namun, Wawan juga melakukan blunder. Padahal dia diharapkan bisa tampil lebih baik daripada Andritany Ardhiyasa. Wawan Hendrawan harus kebobolan lima kali dalam pertandingan kontra UEA.

Pelatih kiper Arema, Yanuar Hermansyah, mengakui saat ini masih belum ada kiper setangguh Kurnia Meiga Hermansyah. Sejak Meiga sakit pada 2017 silam, Arema dan Timnas Indonesia sangat kehilangan sosok tangguh di bawah mistar gawang.

“Saya tidak bisa memberikan banyak masukan terkait kiper tim nasional, karena pelatih kiper Indonesia juga masih sahabat saya. Kalau saya pribadi, Timnas Indonesia memang belum menemukan kiper sekelas Meiga,” kata pelatih kiper yang akrab disapa Begal ini.

Seperti diketahui, Kurnia Meiga mengalami sakit pembengkakan syarat mata pada 2017 silam. Hingga kini kiper berusia 29 tahun itu belum kembali ke lapangan hijau, baik di level klub maupun ke Timnas Indonesia. Tentu butuh proses untuk menemukan kembali sosok kiper sekelas Meiga.

2 dari 2 halaman

Kurnia Meiga Masih yang Terbaik

Sebenarnya ada sosok Nadeo Argawinata yang tampil konsisten. Namun, saat ini kiper Borneo FC itu masih membela Timnas Indonesia U-22.

Postur tubuh Nadeo dinilai cukup ideal. Namun, ketika nama Nadeo disodorkan sebagai penerus Kurnia Meiga di Timnas Indonesia, Begal enggan memberikan jawaban.

“Soal seperti apa kebutuhkan kiper di tim nasional, tentu pelatihnya lebih paham. Yang jelas, sampai saat ini Meiga masih yang terbaik. terbukti di Piala AFF beberapa tahun lalu dia jadi kiper terbaik,” sambungnya.

Arema juga berusaha keras mencetak kiper tangguh. Dua musim terakhir mereka menjajal banyak kiper muda, berpengalaman, hingga pemain asing.

Baru tahun ini nama Kurniawan Kartika Ajie mulai berkembang. Tapi, masih butuh waktu untuk membuat Ajie bisa jadi kiper terbaik di Indonesia. Meskipun Ajie juga pernah membela Timas Indonesia U-22 sejak SEA Games 2017.

Lorenzo Akhiri Karier di Posisi Ke-13, Marquez Juara di Valencia

Video Populer

Foto Populer