Sukses


Dua Pelatih Klub Liga 2 Optimistis Timnas Indonesia U-22 Bisa Juara di SEA Games 2019

Bola.com, Malang - Ketika masyarakat mulai pesimistis dengan kiprah Timnas Indonesia senior di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, keyakinan justru diarahkan ke Timnas Indonesia U-22 yang akan berlaga di SEA Games 2019 Filipina. Dua pelatih klub Liga 2, I Putu Gede Swisantoso dan Kas Hartadi, menilai Tim Garuda Muda punya kans menjadi juara di Filipina.

Padahal di SEA Games 2019, Timnas Indonesia masuk dalam grup neraka bersama Thailand, Vietnam, dan Singapura. Selain tiga tim itu, masih ada Laos dan Brunei Darussalam yang di atas kertas tak lebih baik dari Timnas Indonesia. Namun, berbeda dengan yang dialami Timnas Indonesia senior, Putu Gede dan Kas Hartadi justru optimistis Timnas Indonesia U-22 bisa bicara banyak di SEA Games 2019.

"Kalau melihat permainan Timnas U-22 saat menghadapi Arab Saudi, mereka bermain solid dan bisa menahan 1-1. Pertahanan bagus, jika sektor depan bisa lebih tajam, ada peluang untuk tidak hanya lolos dari grup, tapi juga menjadi juara," ujar Kas Hartadi yang kini menjadi pelatih Sriwijaya FC.

Timnas Indonesia U-22 memang baru saja mengikuti CFA International Football Tournament di China, di mana Tim Garuda Muda kalah 0-1 dari China dan Yordania dalam dua laga pertama, dan bermain imbang 1-1 dengan Arab Saudi di laga terakhir.

Putu Gede juga memiliki analisa yang sama seperti Kas Hartadi. Pelatih Babel United itu merasa ada sisi positif dari nasib Timnas Indonesia berada di grup neraka.

"Kalau berhasil lolos dari fase grup, Timnas Indonesia U-22 justru punya peluang besar untuk menjadi juara karena pasti ada tim unggulan yang tersingkir di Grup B," ujar Putu Gede.

 

2 dari 2 halaman

Timnas Indonesia U-22 Sedang Dipandang Sebelah Mata

Timnas Indonesia memang tengah dipandang sebelah mata di level Asia Tenggara, terutama karena kekalahan yang terus dialami di level senior. Bahkan pelatih Thailand, Vietnam, dan Singapura tidak merasa Timnas Indonesia U-22 akan menjadi ancaman di SEA Games 2019.

Meski Timnas Indonesia U-22 menjadi juru kunci di turnamen CFA baru-baru ini, Timnas Indonesia memiliki permainan yang positif di mata Kas Hartadi maupun Putu Gede.

"Saya tidak melihat skor akhir pertandingan di turnamen tersebut karena ini masih merupakan fase persiapan. Lawan yang dihadapi pun semuanya memiliki kualitas di atas Indonesia. Namun, dari segi permainan, mereka sudah bermain bagus, hanya tinggal transisi menyerang yang dibenahi," ujar Putu Gede.

Masih ada sisa waktu sekitar satu bulan bagi Indra Sjafri untuk mengevaluasi tim yang akan dibawanya ke SEA Games 2019. Putu Gede pun merasa Indra Sjafri memiliki pemain-pemain terbaik yang dibutuhkannya.

"Kalau soal materi pemain yang dibutuhkan, saya pikir pelatih lebih tahu kebutuhannya karena nanti pasti ada batasan pemain yang didaftarkan. Sehingga ada eliminasi nantinya,” jelas mantan kapten Arema FC ini.

Video Populer

Foto Populer