Sukses


Rotasi Pemain, Fakhri Husaini Minta Timnas Indonesia U-19 Lupakan Euforia Menang atas China

Bola.com, Denpasar - Skuat Timnas Indonesia U-19 sempat dalam euforia kemenangan dalam laga uji coba. Mereka mampu mengalahkan China U-19 dengan skor 3-1 dalam pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (17/10/2019) malam.

Setelah lewat dua hari, pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini, meminta kepada para pemainnya untuk tidak larut dalam menikmati kemenangan. Sekarang dia ingin Bagas Kaffa dkk. fokus menatap pertandingan berikutnya.

Tim Garuda Muda dijadwalkan akan kembali menghadapi lawan yang sama dalam laga uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (20/10/2019) sore.

“Buat saya, hasil kemarin tidak ada yang perlu diceritakan lagi. Tugas saya akan selalu berpikir ke depan. Sama seperti kami kalah, oke selesai. Tidak ada yang perlu kami pikirkan. Kami harus hanya konsentrasi untuk pertandingan berikutnya,” ucap Fakhri di Denpasar, Sabtu (19/10/2019).

“Kemenangan itu mereka sudah menikmatinya. Hanya satu malam itu saja mereka menikmati. Setelah itu, mereka sudah biasa lagi. Kami sudah melupakan dan kami akan fokus pertandingan berikutnya,” imbuh pelatih asal Aceh itu.

Fakhir menyebut para pemainnya harus mulai belajar untuk menjadi pemain profesional dengan segala konsekuensinya. Sebab, tidak selamanya mereka akan terus mendapat kemenangan, akan ada momen saat Timnas Indonesia U-19 juga menerima kekalahan.

“Buat saya penting bagi mereka. Sepak bola itu terlalu kejam bahkan untuk anak-anak seusia mereka. Kalau menang, anak-anak akan mendapat pujian luar biasa. Begitu kalah mereka juga akan mendapat hujatan yang luar biasa,” tutur Fakhri.

Dua laga uji coba ini merupakan persiapan Timnas Indonesia U-19 untuk menatap kualifikasi Piala AFC U-19 2020. Mereka tergabung di Grup K bersama Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste, dalam laga di Stadion Madya dan Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 6-10 November 2019.

2 dari 2 halaman

Rotasi Pemain

Fakhri Husaini akan melakukan rotasi pemain Timnas Indonesia U-19. Tercatat, sebanyak 10 pemain belum berkesempatan diturunkan saat uji coba di Stadion GBT, Surabaya. 

“Tim ini memiliki 26 pemain dan di Surabaya yang sudah main ada 16 pemain, ada 10 yang belum diturunkan. Soal bagaimana susunan pemain, pasti akan ada rotasi di pertandingan nanti. Tergantung, seberapa bugar mereka menjelang pertandingan nanti,” kata Fakhri.

Dengan 16 pemain yang tampil, Fakhri hanya melakukan lima pergantian dan memberi kesempatan pada pemain yang berada di bangku cadangan. Sebanyak 10 pemain lainnya digaransi akan tampil saat bertanding di Gianyar.

Di antaranya adalah Bayu Mohamad Fikri, Braif Fatari, Khairul Umam Zakiri, Komang Teguh Trisnanda, Yudha Febrian, Muhammad Adisatryo, Fadhil Aditya, Fadillah Nur Rahman, Risky Sudirman, dan Andre Oktaviansyah.

“Saya akan memberi kesempatan kepada semua pemain. Ini penting untuk mengukur kemampuan mereka secara individu ada di mana. Level individu mereka akan mengukur dengan teman-temannya. Mereka juga akan mengukur kemampuan mereka mereka tim lawannya,” imbuh Fakhri.

Video Populer

Foto Populer