Sukses


Hasil Persipura Vs PS Tira Putri Diputuskan di Komdis, PSSI Banjir Sindiran Netizen

Bola.com, Jakarta - Hasil laga semifinal Liga 1 Putri 2019 antara Persipura Jayapura Vs PS Tira Persikabo akhirnya diputuskan melalui sidang Komite Disiplin (Komdis) PSSI. Komdis PSSI menyatakan Persipura kalah, sehingga otomatis PS Tira berhak melaju ke final melawan Persib Bandung putri. 

Melalui rilis dari PSSI, Senin (16/12/2019), Komite Disipin PSSI menyatakan Persipura telah melanggar pasal 13 ayat (1) jo, pasal 67 ayat (2) Regulasi Liga 1 Putri 2018. Atas pelanggaran ini, Persipura dinyatakan kalah 0-3.

Menengok ke belakang, pada leg pertama yang digelar di kandang PS Tira, Stadion Pakansari, Persipura menang 5-4. Namun, pada leg kedua di Stadion Cendrawasih, 7 Desember 2019, Persipura kalah 1-2. Agregat kedua tim menjadi 6-6.  

Pertandingan leg kedua akhirnya dihentikan karena terjadi selisih paham terkait regulasi. Persipura putri menganggap berhak lolos karena unggul produktivitas gol tandang. 

Sementara perangkat pertandingan menyatakan laga harus diselesaikan dengan adu penalti, karena merujuk pada regulasi. 

Ketua Komite Disiplin PSSI, Asep Edwin Firdaus, menjelaskan keputusan Komdis PSSI berdasarkan fakta dan pertimbangan hukum. Menurutnya, Persipura putri menolak melanjutkan pertandingan  saat memasuki babak adu penalti karena tidak mengakui surat dari PSSI tentang penentuan babak semifinal dan final Liga 1 Putri 2019.

Menurut Komdis, sesuai aturan PSSI yang dikirim ke tim dengan surat nomor 5308/AGB/1641/XII-2019 tertanggal 4 Desember 2019, jika didapatkan hasil nilai yang sama dari hasil semifinal leg 1 dan leg 2 maupun final leg 1 dan leg 2, maka penentuan pemenang akan dilanjutkan melalui tendangan titik penalti  di pertandingan leg kedua tanpa melalui perpanjangan waktu (extra time) dan tidak mempertimbangkan ketentuan gol tandang.

Komdis PSSI menyebut dalam rapat koordinasi laga dengan tim yang dihadiri perangkat pertandingan telah disampaikan perihal penentuan semifinal dan final tersebut.

 

 

 

2 dari 11 halaman

Demi Kemajuan Sepak Bola

Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri, menegaskan pelaksanaan pertandingan dasarnya regulasi yang telah ditetapkan dan diketahui oleh semua tim.

Karena itu, PSSI berharap tim-tim bisa menghormati apa yang telah diputuskan. Menurutnya, hal itu demi kemajuan sepak bola Indonesia dan sportivitas. 

Manuver PSSI memutuskan hasil semifinal Liga 1 putri antara Persipura Vs PS Tira mendapat sorotan dari warganet. Mereka menyindir sikap PSSI yang akhirnya memutuskan hasil pertandingan itu melalui sidang Komdis. 

Netizen juga mempertanyakan regulasi yang dipilih PSSI. Alasannya, berdasarkan aturan yang lazim diterapkan di berbagai event internasional selama ini pada sistem laga kandang-tandang, jika agregatnya sama, yang paling pertama dipertimbangkan adalah aturan produktivitas gol tandang. 

Seperti apa sindiran dari netizen untuk PSSI pada masalah ini? Berikut ini beberapa di antaranya, yang disuarakan netizen di kolom komentar unggahan PSSI di Twitter. 

3 dari 11 halaman

1. Bagaimana Mau Maju?

4 dari 11 halaman

2. Kenapa Malah Regulasinya Pakai Adu Penalti?

5 dari 11 halaman

3. Lucunya Liga Negeri Ini

6 dari 11 halaman

4. Hasil Pertandingan Bisa Ditentukan di Dalam Ruangan

7 dari 11 halaman

5. Begini Kok Ingin Sepak Bola Maju

8 dari 11 halaman

7. Jadi Gol Kandang dan Tandang Tidak Berpengaruh?

9 dari 11 halaman

8. Liga Champions Eropa Saja Masih Pakai Gol Tandang-Kandang

10 dari 11 halaman

9. Jangan Sampai Seisi Dunia Tahu

11 dari 11 halaman

10. PSSI Aneh

Video Populer

Foto Populer