Sukses


Timnas Indonesia U-16 Berencana Gelar Uji Coba Internasional

Bola.com, Jakarta - Pemusatan latihan (training centre) Timnas Indonesia U-16 pada Desember 2019 diakhiri dengan kemenangan 3-0 atas ASIOP pada pertandingan uji coba di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi (25/12/2019). Pelatih Bima Sakti Tukiman berencana meliburkan para pemain hingga Januari tahun depan.

Tiga gol kemenangan tim berjulukan Garuda Muda ini diborong oleh Ahmad Athallah membukukan hattrick. Pada uji coba pertama di lokasi yang sama, Timnas Indonesia U-16 juga meraih kemenangan 5-3 atas Top Skor Indonesia.

Rangkaian uji coba pada TC Timnas Indonesia U-16 pada bulan ini merupakan persiapan menyongsong Piala AFF dan Piala AFC U-16 2020. Sebanyak 24 pemain mengikuti TC yang berlangsung pada 15-26 Desember 2019.

"Sebenarnya bukan soal menang kalahnya, tapi yang penting pemain ada berkompetisi, ada uji coba. Pada Desember ini kami belum dapat tim yang levelnya di atas. Bukan mengecilkan ASIOP, tapi memang sebenarnya kami mau internal game tapi pemain sebagian harus kami pulangkan untuk merayakan Natal. Jadi yang nonmuslim mereka pulang sehingga kami tak cukup pemain kalau mau bermain internal game," kata Bima Sakti dinukil dari laman PSSI.

Bima Sakti berharap Timnas Indonesia U-16 mendapatkan lawan latih tanding yang sepadan, terutama dari tim luar negeri. Apalagi, ia berencana menyusun program untuk Garuda Muda pada tahun depan.

"Oleh sebab itu, kami membuat uji coba dengan tim luar negeri dan kami berharap kami sudah bisa menyusun program untuk tahun depan," imbuh Bima Sakti.

"Kemudian pada September 2020, kami harus mendapatkan lawan yang levelnya di atas. Setelah ini kami libur untuk tahun baru dan pada pertengahan Januari tahun depan kami berkumpul lagi untuk persiapan melawan India," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Sistem Promosi dan Degradasi

Bima Sakti masih menerapkan sistem promosi dan degradasi di Timnas Indonesia U-16. Jadi, 24 pemain masih belum aman.

"Promosi dan degradasi pemain tetap ada. Tidak ada jaminan 100 persen pemain yang ada saat ini akan tampil di Piala AFF maupun Piala AFC U-16. Yang pasti mereka tetap akan kami evaluasi terus. Kalau ada pemain di luar yang bagus, kami akan beri kesempatan, apalagi sesuai dengan kriteria dan umurnya," jelas Bima Sakti.

Pada Januari 2020, Timnas Indonesia U-16 akan kembali menggelar TC dan dijadwalkan menghadapi uji coba internasional. Persiapan yang matang terus dilakukan agar Garuda Muda dapat meraih perstasi di Piala AFF dan Piala AFC U-16 2020.

Video Populer

Foto Populer