Sukses


Semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 Digelar di Malang

Bola.com, Surabaya - Asprov PSSI Jawa Timur telah memutuskan venue laga semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 yang akan digelar pada 17 Februari. Stadion Kanjuruhan, Malang, bakal menjadi tempat duel empat besar itu setelah menghelat fase Grup B. 

Keputusan itu didapat dari hasil manajer meeting setelah terdapat kepastian empat tim yang lolos ke babak itu. Empat tim tersebut adalah Persebaya Surabaya, Madura United, Arema FC, dan Persija Jakarta.  

Sebelumnya, sempat muncul rencana penggunaan Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, untuk babak semifinal ini setelah fase Grup A. Namun, Madura United yang biasa menggunakan stadion itu menolak menjadi tuan rumah. 

“Sesuai hasil manager meeting, Madura United sebagai tuan rumah Grup A memiliki peluang jadi tuan rumah semifinal, tapi mereka tidak siap. Sedangkan Persebaya tidak mengajukan diri,” kata Amir Burhanuddin, sekretaris Asprov PSSI Jawa Timur. 

“Nanti semifinal di Stadion Kanjuruhan, Malang, digelar satu hari pada 17 Februari. Ada dua pertandingan yang dilangsungkan sore dan malam hari. Kalau hasil 2x45 menit imbang, langsung penalti, tidak ada perpanjangan waktu,” imbuh pria asli Tuban tersebut. 

Fase knock-out Piala Gubernur Jatim 2020 akan menjadi simulasi untuk laga-laga dengan tensi tinggi yang melibatkan klub dengan basis suporter besar.

2 dari 3 halaman

Simulasi Laga Panas

Persebaya sudah memastikan lolos dengan status juara Grup A setelah mengemas enam poin dari tiga pertandingan. Sementara Madura United menduduki posisi runner-up dengan hanya mengoleksi empat poin saja.

Kepastian juara Grup B yang akan berjumpa dengan Madura United belum dipastikan. Demikian halnya dengan runner-up Grup B yang dijadwalkan meladeni Persebaya. Dua tim yang akan menghadapi wakil Grup A adalah Arema dan Persija. 

Penentuan itu akan didapat dari hasil pertemuan Singo Edan dan Macan Kemayoran dalam laga terakhir Grup B di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu malam (15/2/2020).

Duel semifinal ini berpotensi melahirkan sedikit persoalan. Sebab, Persebaya menjalin rivalitas dengan Arema dan Persija. Bonek, suporter Persebaya, dipastikan tidak bisa menemani klub kebanggannya di Malang.

“Laga final Piala Presiden 2019 juga mempertemukan Arema dan Persebaya. Tidak ada masalah. Di Liga 1 juga lancar. Ini sekaligus jadi ajang uji coba dan simulasi,” ujar Amir.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer