Sukses


Tuntutan Shin Tae-yong buat 4 Kiper Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berambisi meningkatkan kualitas deretan kipernya. Untuk pemusatan latihan (training centre) di Stadion Madya, Jakarta, 13-23 Januari 2020, pelatih asal Korea Selatan ini memanggil empat penjaga gawang.

Empat penjaga gawang tersebut terdiri dari Andritany Ardhiyasa dari Persija Jakarta, Nadeo Argawinata (Bali United), Muhammad Riyandi (Barito Putera), dan Muhammad Adi Satrio (PSMS Medan).

Shin Tae-yong sempat menyoroti kualitas kiper Timnas Indonesia yang menurutnya masih dianggap kurang. Itulah mengapa, pelatih berusia 50 tahun ini membuat suatu kebijakan baru dengan menambah durasi latihan untuk penjaga gawang.

"Setahu saya, coach Shin Tae-yong ingi kualitas kiper lebih meningkat dan bagus. Tentu, juga ditunjang oleh teknik dan fisik yang bagus," kata Nadeo Argawinata, satu di antara kiper Timnas Indonesia.

Penambahan porsi latihan yang dimaksud adalah para kiper berlatih lebih cepat 30 menit dari pemain lainnya selama TC Timnas Indonesia. Kebijakan ini dilakukan supaya kualitas Nadeo cs. bisa meningkat dengan pesat.

"Jadi saat briefing sebelum TC, saya sudah membicarakan kepada seluruh pemain bahwa ada masalah di posisi kiper," ujar Shin Tae-yong.

"Jadi dalam TC ini, kami akan fokuskan latihan kepada kiper dan mereka akan lebih banyak mendapatkan porsi latihan dibanding pemain lain," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Blunder Kiper Terdahulu Jadi Beban?

Nadeo merupakan warna baru dalam skuat Timnas Indonesia. Sebelumnya, kiper Bali United ini banyak mengawal gawang timnas U-22.

Nadeo dibayangi ekspektasi tinggi ketika dipromosikan ke timnas senior. Pasalnya, banyak blunder yang dibuat oleh kiper timnas senior saat bertanding di kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

"Soal blunder sebagai kiper, semua kiper pasti pernah. Saya pun juga pernah. Bahkan kiper-kiper kelas dunia pasti pernah. Namun, itu akan menjadi bahan evaluasi kami untuk memperbaiki kualitas," imbuh Nadeo.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer