Sukses


Pemain Garuda Select Bisa Jadi Senjata Rahasia Timnas U-19

Bola.com, Jakarta - Saat ini, sejumlah pemain muda Indonesia tengah berlatih di Birmingham, Inggris, bersama tim yang dinamakan Garuda Select. Program ini adalah hasil dari kerja sama yang dilakukan oleh PSSI dengan pihak Mola TV.

Sebanyak 24 pemain muda hasil seleksi Elite Pro Academy U-16 sudah berangkat ke Inggris pada Oktober 2019. Mereka direncanakan akan berlatih selama enam bulan.

Program pengiriman pemain muda ini adalah angkatan tahap kedua. Sebelumnya, sejumlah pemain sudah sempat dikirim pada tahap pertama di tahun 2019. Setelah berlatih selama enam bulan, mereka akan dievaluasi.

Jika dinilai berkembang sesuai harapan, pemain bakal diberangkatkan lagi. Selama di Inggris, mereka dilatih oleh eks kapten Chelsea di era 90-an yang juga bertindak sebagai Direktur Program, Dennis Wise, dan mantan bek timnas Inggris, Des Walker.

Para pemain Garuda Select ikut andil membawa Timnas U-19 yang diasuh pelatih Fachry Husaini lolos dari babak kualifikasi Piala AFC U-19 tahun lalu. Setelah menjadi juara grup K yang dihuni Korea Utara, Hongkong, dan Timor Leste, Timnas U-19 berhak tampil di putaran final Piala AFC U-19 yang akan digelar di Uzbekistan, 14-31 Oktober.

Beberapa pemain yang ikut memperkuat Timnas U-19 di ajang kualifikasi Piala AFC U-19, seperti Bagus Kahfi dan Brylian Aldama, yang termasuk di tim Garuda Select angkatan pertama saat ini kembali berlatih bersama angkatan kedua.

Kabar terakhir, Brylian Aldama teken kontrak dengan agensi pemain berlisensi FIFA, Forza Sports Group, pada Senin (24/3/2020). Agensi tersebut bakal mengurus persiapan Brylian yang akan dikontrak oleh salah satu klub di Eropa. 

 

 

 

2 dari 2 halaman

Menang Atas Preston North End U-18

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut PSSI tetap akan memantau perkembangan para pemain Garuda Select di Inggris.

"Tentu perkembangan mereka akan kami pantau. Setahu saya ada delapan pemain yang bisa dipanggil untuk memperkuat Timnas U-19," ujar Iriawan.

Sempat ada kabar pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan melihat secara langsung kemampuan pemain Garuda Select di Inggris. Namun hal tersebut belum terealisasi.

"Kami sudah merencanakan hal itu, cuma memang belum sempat. Nanti kami akan cari waktu yang pas untuk ke sana. Pelatih Shin Tae-yong sendiri yang akan ke Inggris untuk melihat pemain Garuda Select," kata Iriawan.

Menurut Iriawan, ada satu hal yang bisa menjadi kelebihan jika pemain Garuda Select nantinya dipanggil untuk memperkuat Timnas.

"Biar saja mereka sekarang fokus latihan di Inggris dulu. Nantinya mereka bisa menjadi senjata rahasia Timnas, karena mereka tak terpantau oleh lawan," kata Iriawan.

Pada laga uji coba terakhir yang digelar Selasa (25/2/2020), Garuda Select menang 3-1 atas tim Preston North End U-18. Tiga gol tim Garuda Select diborong oleh striker Bagus Kahfi.

Video Populer

Foto Populer