Sukses


Rapor Pelatih Asing pada Pekan Pertama Shopee Liga 1 2020: Robert Alberts Positif, Nilai Merah Igor Kriushenko dan Dragan Dukanovic

Bola.com, Jakarta - Semua pertandingan pekan pertama Shopee Liga 1 2020 sudah berlangsung akhir pekan lalu. Hasilnya rapor sebelas pelatih asing yang mencari nafkah di sepak bola Indonesia ada yang positif dan negatif.

Untuk deretan yang positif ada nama pelatih Persib Bandung, Robert Alberts. Dia langsung memberikan kesan bagus kepada Bobotoh pada laga pertama tim di Shopee Liga 1 2020.

Nama Alberts dielu-elukan setelah Arema secara dominan mengalahkan Persela Lamongan dengan skor 3-0. Strategi pelatih asal Belanda itu layak menuai decak kagum.

Karena dua pemain asing mereka: Geoffrey Castillion dan Wander sama-sama menyumbangkan gol. Wander bahkan mencetak dua gol pada menit ke-54 dan 70.

Rapor positif juga didapat pelatih Persija, Sergio Farias. Pada laga debutnya sebagai pelatih Persija, ia bisa membawa Osvaldo Haay dan kawan-kawan membekuk Borneo: 3-2.

Persija bahkan seharusnya bisa menang lewat skor 3-1 jika Ryuji Utomo tidak mencetak gol bunuh diri.

Kesan bagus pada laga perdana juga berhasil dipersembahkan Mario Gomez, pelatih Arema FC. Tim asuhannya bahkan menang 2-0 meski bermain di kandang Tira Persikabo.

Ramuan strategi Mario Gomez juga terbukti krusial. Karena keputusannya mempercayakan Kushedya Yudo sebagai pengganti Jonathan Bauman terbukti berhasil. Karena KH Yudo membukukan dua gol.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Rapor Merah

Meskipun begitu tidak semua pelatih asing mendapat rapor positif pada pekan perdana Shopee Liga 1 2020. Beberapa nama ada juga merasakan rapor merah. Dua nama jadi sorotan Igor Kriushenko dan Dragan Dukanovic.

Nama Igor bahkan dapat sorotan tajam lantaran Tira Persikabo kalah dari Arema dengan skor 0-2 meski bermain di kandang sendiri. Padahal Tira Persikabo bermain dengan kekuatan penuh.

Sementara Dragan yang melatih PSIS, juga tidak bisa berbuat banyak ketika menghadapi Persipura Jayapura yang diarsiteki juga oleh pelatih asing, Jacksen F. Tiago.

Gol yang dicetak Boaz Solossa dan Gunansar Mandowen memastikan PSIS pulang dari Stadion Klabat, Manado dengan kekalahan 0-2. Seperti diketahui, stadion Persipura sedang direnovasi untuk persiapan PON 2020 dan bermain di Stadion Klabat selama satu musim penuh.

3 dari 3 halaman

Rapor Pertandingan Pelatih Asing

Arema FC (Mario Gomez/Argentina) Vs Tira Persikabo: 2-0

Bali United (Stefano Cugurra/Brasil) Vs Persita Tangerang: 0-0

Bhayangkara FC (Paul Munster/Irlandia Utara) Vs Persiraja: 0-0

Borneo FC (Edson Tavares/Brasil) Vs Persija Jakarta: 2-3

Persib Bandung (Robert Alberts/Belanda) Vs Persela Lamongan: 3-0

Persija Jakarta (Sergio Farias/Brasil) Vs Borneo: 3-2

PSS Sleman (Dejan Antonic/Serbia)* Vs PSM Makassar: 1-2

Tira Persikabo (Igor Kriushenko/Belarusia) Vs Arema: 0-2

PSM Makassar (Bojan Hodak/Kroasia) Vs PSS Sleman: 2-1

PSIS Semarang (Dragan Dukanovic/Montenegro) Vs Persipura: 0-2

Persipura Jayapura (Jacksen F. Tiago/Brasil) Vs PSIS: 2-0

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer