Sukses


Paling Cepat Bagus Kahfi Pulih dari Cedera Kaki 3 hingga 4 Bulan

Jakarta - Cedera patah pergelangan kaki atau engkel yang dialami striker Timnas Indonesia U-19, Bagus Kahfi, saat mengikuti program Garuda Select, diperkirakan baru akan pulih 3-4 bulan lagi. Program Garuda Select sendiri akan berakhir pada April 2020. 

Menurut Sport Physiotherapist Timnas Indonesia, Asep Azis, kemungkinan Bagus Kahfi bisa sembuh lebih cepat karena usianya masih muda. Dia juga menyarankan sang pemain mendapat asupan yang dibutuhkan selama pemulihan.

"Biasanya operasi dulu setelah cedera patah pergelangan kaki. Setelah itu, baru menjalani proses pemulihan dengan fisioterapi. Pemulihan pada enam minggu pertama sangat penting," jelas Asep Azis saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (5/3/2020).

"Prediksi pulih cedera engkel mungkin tiga sampai empat bulan. Biasanya kalau sudah pulih, pemain tidak langsung bermain, dia latihan terpisah dulu, lalu latihan bersama tim tanpa body contact. Baru setelah dianggap siap, dia bisa bermain lagi," paparnya.

Bagus Kahfi juga diproyeksi untuk bisa bermain bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFC U-19 2020, yang akan digelar di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. Tenaga pemain berusia 18 tahun ini amat dibutuhkan Timnas dalam persiapan menuju Piala Dunia U-20 2021 di mana Indonesia menjadi tuan rumah. 

Bagus Kahfi mengalami cedera patah pergelangan kaki ketika menjalani laga uji coba Garuda Select melawan Reading U-18, yang berakhir dengan skor 2-2 pada Selasa (3/3/2020) malam WIB.

Sebelum patah engkel, Bagus Kahfi mencetak dua gol ke gawang Reading U-18. Bagus Kahfi mengalami cedera parah usai berduel udara dengan pemain Reading U-18, Michael Stickland.

Video

2 dari 2 halaman

Hasil Pemeriksaan

Ketika terjatuh, Bagus Kahfi mengerang kesakitan. Kelihatannya, dia mengalami cedera parah dan tim medis langsung membawanya ke rumah sakit terdekat sebagai tindakan awal.

Dari hasil pemeriksaan, pria berusia 18 tahun itu mengalami patah pergelangan kaki dan pergeseran ligamen. Perawatan Bagus Kahfi dipimpin oleh tim medis Timnas Inggris.

Sang dokter, yang namanya tidak disebutkan, diklaim pernah menangani cedera para mantan dan bintang pesepak bola seperti David Beckham, Wayne Rooney, dan Joe Gomez. Garuda Select berkomitmen untuk menanggung seluruh biaya perawatan dan rehabilitasi Bagus Kahfi.

Sang dokter, yang namanya tidak disebutkan, diklaim pernah menangani cedera para mantan dan bintang pesepak bola seperti David Beckham, Wayne Rooney, dan Joe Gomez. Garuda Select berkomitmen untuk menanggung seluruh biaya perawatan dan rehabilitasi Bagus Kahfi.

 

Sumber asli: Liputan6.com

Disadur dari: Liputan6.com (Adyaksa Vidi, Published 5/3/2020)

Video Populer

Foto Populer