Sukses


100 Persen Pulih dari Cedera Lutut, Andre Oktaviansyah Kembali ke Lapangan Hijau Bersama Garuda Select

Bola.com, Birmingham - Gelandang Garuda Select, Andre Oktaviansyah, sudah pulih dari cedera lutut yang ia derita selama hampir dua tahun terakhir. Pelatih fisik Garuda Select, Jake Fitzsimmsons, memastikan kondisi Andre kini sudah pulih 100 persen setelah kembali lagi bergabung bersama Garuda Select pada Desember 2019.

Pada pertandingan Garuda Select menghadapi Bournemouth U-18, Rabu (11/3/2020) Andre Oktaviansyah masuk di babak kedua menggantikan Dika Kuswardani.

Sepanjang pertandingan, memang tidak terlihat gangguan berarti meski ini merupakan pertama kalinya Andre merumput kembali setelah sekian lama. Andre bermain selama 21 menit pada pertandingan yang berakhir dengan skor 2-0 untuk Garuda Select tersebut.

"Alhamdulillah saya sudah pulih total karena pelatih tidak akan memberi izin bermain jika belum benar-benar sembuh. Selama pemulihan, menyentuh bola pun saya dilarang. Bahkan ada gerakan-gerakan tertentu yang sebisa mungkin dihindari," ucap Andre seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

"Sekarang saya sudah tidak merasakan sakit lagi. Namun, secara permainan, masih harus ditingkatkan di kesempatan-kesempatan berikutnya," kata Andre.

Butuh tiga bulan bagi Andre untuk kembali diizinkan merumput sejak bergabung lagi bersama Garuda Select pada Desember 2019. Andre memang menghabiskan sebagian besar waktunya di ruang perawatan dan pusat kebugaran.

Pertandingan Garuda Select menghadapi Bournemouth menjadi awal baik baginya untuk kembali tampil di level sebagaimana mestinya. "Semoga bisa kembali ke performa awal," ucap Andre menambahkan.

 

 

2 dari 2 halaman

Sempat Salah Penanganan sebelum Gabung Garuda Select

Apa yang dikatakan Andre memang sejalan dengan pernyataan Pelatih Fisik Garuda Select, Jake Fitzsimmons. Menurutnya, pemain berusia 18 tahun tersebut kini bisa melangkah ke tahap berikutnya.

"Ya, sekarang dia sudah sembuh 100 persen," kata Jake.

Sementara itu, Fisioterapis Garuda Select, Macauley Spurling, menceritakan penanganan cedera Andre memang membutuhkan kehati-hatian. Butuh proses berlapis hingga sang pemain benar-benar dipastikan bisa bermain saat melawan Bournemouth.

"Cederanya didapat sebelum bergabung ke Garuda Select angkatan pertama. Saya melihat ada kesalahan dalam penanganan cederanya. Kemudian ketika menghadapi Blackburn Rovers, kakinya terkilir hingga tulang rawan di lututnya robek," ujar Macauley.

"Sebelum kembali ke Indonesia, ia sempat menjalani Operasi pada April 2019. Kemudian kami memutuskan untuk memanggilnya kembali dan menjalani berbagai proses pemulihan dengan tenaga ahli di sini. Andre benar-benar dipantau kondisinya hingga akhirnya boleh bermain lagi," tuturnya.

Sumber: PSSI

Video Populer

Foto Populer