Sukses


Menanti Sentuhan Magis Jacksen F. Tiago di Persipura

Bola.com, Jakarta - Jacksen F. Tiago memimpin skuat Persipura Jayapura di Shopee Liga 1 2020. Ada harapan akan peluang meraih gelar, karena Jacksen merupakan sosok spesial di klub berjulukan Mutiara Hitam itu.

Tak bisa dimungkiri dari sederet prestasi yang diukir Persipura Jayapura, terdapat peran besar Jacksen F. Tiago. Torehan tersebut dipersembahkan pelatih asal Brasil itu pada periode pertama menukangi Persipura yakni 2008-2014.

Jacksen setidaknya mampu mempersembahkan tiga gelar liga buat Persipura. Pencapaian itu diraih ketika Liga 1 masih bernama Indonesia Super League pada edisi 2008-2009, 2010-2011, 2012-2013.

Seketika, Persipura menjadi tim yang menakutkan di Indonesia. Wajar bila nama Jacksen akan selalu harum di klub asal Papua itu.

Musim lalu, Jacksen kembali ke pelukan Persipura Jayapura. Pelatih berusia 51 tahun itu datang ketika kondisi tim sedang compang-camping, yakni menghuni peringkat ke-15 setelah bermain enam kali.

Perlahan tetapi pasti, Jacksen berhasil mengangkat mental para pemain dan mendongkrak performa di lapangan. Penampilan Persipura melesat hingga akhirnya menutup musim di peringkat ketiga klasemen akhir Liga 1 2019.

Pelatih Persipura Jayapura, Jackson F. Tiago (tengah) berdoa jelang laga menghadapi Persema Malang di Stadion Gajayana, Malang, Jawa Timur, Jumat (4/12). Foto ANTARA/Ari Bowo Sucipto.

Jacksen ketika itu tak henti-hentinya memuji kinerja pemainnya yang disebut memiliki mental fantastis. Maklum, Persipura hampir sepanjang 2019 terusir dari kandang sendiri, karena Stadion Mandala, Jayapura tengah dipugar untuk menghelat PON 2020.

"Musim ini adalah musim yang berat buat kami dan juga saya. Kami harus jauh dari keluarga dan itu sangat berat," kata Jacksen usai pertandingan terakhir Persipura di Liga 1 2019.

"Sebagai pelatih saya menyadari itu menjadi beban yang luar biasa ketika lima bulan berada di luar. Sehingga, saya secara pribadi sangat berterima kasih atas apa yang mereka lakukan sejauh ini," tegas Jacksen.

Jacksen F. Tiago wajar mengutarakan kebanggaannya. Namun, di balik itu semua ada faktor kedekatan dan kepercayaan yang diberikan sang pelatih kepada pemain sehingga menjadi kunci penampilan apik Persipura Jayapura musim lalu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Momentum Kebangkitan

Persipura Jayapura mengawali musim ini dengan mayoritas pemain yang sudah dikenal Jacksen F. Tiago. Contohnya adalah Ricardo Salampessy, Ian Louis Kabes, Yohanes Pahabol, Yustinus Pae, hingga Boaz Solossa.

Pemain-pemain di atas pernah menjadi bagian kesuksesan Jacksen bersama Persipura. Selain itu, ada juga pemain-pemain muda yang dipercaya mengisi skuat senior semisal David Rumakiek, Todd Rivaldo Ferre, dan Marinus Wanewar.

Para pemain lokal itu dipadukan dengan legiun asing yang didatangkan yakni Thiago Amaral, Sylvano Comvalius, Arthur Cunha, hingga Takuya Matsunaga. Kelengkapan skuat inilah yang menjadi faktor pendukung Persipura untuk kembali ke persaingan gelar juara.

Dalam tiga laga awal, Persipura mampu memetik dua kemenangan dan sekali kalah. Persipura tercatat berhasil mencetak enam gol dan kebobolan lima kali.

Saat ini, Persipura menghuni peringkat keempat klasemen sementara Liga 1 2020 dengan koleksi enam poin. Namun, masih ada faktor yang harus dibenahi musim ini yakni rapuhnya lini belakang hingga sektor depan yang belum terlalu membahayakan.

Jika hal itu mampu diatasi oleh Jacksen F. Tiago, bukan hal yang mustahil Persipura musim ini akan tampil menakutkan dan pada akhir musim finis di puncak klasemen.

Video Populer

Foto Populer