Sukses


Deretan Bek Tua yang Masih Mewarnai Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2020 diramaikan para bek berkualitas, namun memiliki usia yang tak lagi muda. Para pemain ini masih mendapatkan klub elite dalam mengarungi musim baru.

Bek merupakan posisi yang krusial dalam sepak bola. Para pemain yang memiliki peran ini biasanya dituntut memiliki stamina besar karena harus berjibaku dan berduel dengan pemain lawan.

Apa jadinya bila sebuah klub memiliki bek yang sudah tua? Pada kenyataannya, hal itu memiliki sisi positif dan juga negatif.

Sisi positifnya adalah, tim yang memiliki bek berpengalaman biasanya sulit ditembus. Bek yang sudah memasuki usai senja biasanya memiliki kepemimpinan yang baik dalam mengatur permainan.

Hal itu pernah terjadi di AC Milan ketika masih diperkual Paolo Maldini. Pemain asal Italia itu mampu menjadi komando di lini belakang hingga pensiun pada usia 41 tahun.

Namun, sisi negatifnya adalah masalah stamina. Seorang bek dituntut memiliki stamina yang bagus karena akan terus-terusan digempur oleh penyerang lawan. Jika memasuki usia 35 tahun, otomatis stamina pemain tersebut akan menurun.

Akan tetapi, meskipun sudah berusia tak lagi muda pada kenyataannya para pemain ini masih bisa bersaing. Lantas, siapa saja bek-bek tua yang saat ini berkiprah di Shopee Liga 1 2020?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Hamka Hamzah (36 tahun)

Tua-tua keladi. Hal itulah yang layak disematkan kepada Hamka Hamzah. Dalam usia yang tak lagi muda, Hamka Hamzah masih laku bermain di kasta elite tertinggi Indonesia.

Pada 2020, Hamka Hamzah dipinang klub promosi Persita Tangerang. Bermain di bawah asuhan pelatih Widodo Cahyono Putro, Hamka sudah bermain sebanyak tiga kali.

Persita merupakan klub elite ke-11 yang dibela Hamka Hamzah. Sebelumnya, pemain asal Makassar itu sudah pernah berseragam PSM Makassar, Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, Mitra Kukar, Arema, hingga Sriwijaya FC.

3 dari 6 halaman

Ricardo Salampessy (36 tahun)

Ricardo Salampessy merupakan bek senior yang dimiliki Persipura Jayapura. Pemain berusia 36 tahun itu sudah memperkuat Persipura selama dua periode yakni 2005-2013 dan 2015 sampai saat ini.

Ricardo telah tampil sebanyak 246 pertandingan buat Persipura. Pada usianya yang sudah tak lagi muda, musim lalu Ricardo tampil sebanyak 29 kali di bawah asuhan pelatih Jacksen F. Tiago.

Namun, musim ini sang pemain belum lagi tampil untuk Persipura. Hal ini menjadi bukti Ricardo mulai terpinggirkan.

4 dari 6 halaman

Leonard Tupamahu (36 tahun)

Leonard Tupamahu bergabung dengan Bali United pada 2019. Sejak saat itu, Leonard langsung mendapatkan peran inti di jantung pertahanan klub berjuluk Serdadu Tridatu.

Leonard selalu menjadi pilihan utama pelatih Stefano Cugurra Teco. Musim ini, Leonard sudah tampil sebanyak tiga kali bersama Bali United.

Hal ini menjadi bukti usia bukan halangan bagi seorang Leonard. Apalagi pada 9 Juli mendatang, sang pemain bakal menginjak usia 37 tahun.

5 dari 6 halaman

Maman Abdurrahman (37 tahun)

Maman Abdurrahman akan menginjak usia 38 tahun pada 12 Mei mendatang. Meskipun sudah berusia tidak muda, pada kenyataannya Maman masih mampu bersaing.

Maman bergabung dengan Persija pada 2016. Bersama klub berjuluk Macan Kemayoran itu Maman sudah tampil sebanyak 98 kali dan mencetak dua gol serta mempersembahkan gelar Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018.

Maman baru bermain satu kali di bawah asuhan pelatih Sergio Farias. Dalam penampilannya, Maman sukses tampil penuh 90 menit, namun gagal mengawal lini pertahanan Persija dengan maksimal karena kebobolan 2 gol.

6 dari 6 halaman

Ismed Sofyan (40 Tahun)

Ismed Sofyan tahun ini akan memasuki usia 41 tahun pada 28 Agustus mendatang. Ismed menjadi satu di antara pemain tua masih masih dipercaya di Persija Jakarta.

Ismed bergabung dengan Persija pada 2002. Sejauh ini sudah tampil sebanyak 410 kali dan mencetak 18 gol serta sumbangan dua gelar yakni Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018.

Musim ini, Ismed belum pernah bermain di Liga 1 2020 karena kehadiran Marco Motta. Hal ini mengindikasikan perannya mulai terpinggirkan di Persija.

Video Populer

Foto Populer