Sukses


Winger Andalan PSS Merambah Dunia Pertanian

Bola.com, Tegal - Banyak pemain sepak bola di Indonesia mulai menyibukkan diri dengan aktivitas di luar lapangan. Terutama karena kompetisi 2020 dalam situasi force majeure karena dampak dari pandemi virus corona. Begitu pun dengan pemain sayap PSS Sleman, Irkham Zahrul Mila.

Seperti yang dilakukan gelandang sayap andalan PSS Sleman, Irkham Zahrul Mila. Ia sedang merintis usaha pertania di sebuah ladang kebun dekat kampung halaman di Desa Harjosari Lor, Adiwerna, Tegal.

Kegiatan tersebut termasuk yang dapat menjadi peluang bisnis. Terlebih para pelaku sepak bola Indonesia akan mengalami pengurangan gaji hingga 75 persen yang merupakan bagian dari solusi yang dikeluarkan PSSI selama force majeure kompetisi.

Ia menyewa sebuah areal tanah pertanian milik warga setempat untuk digarapnya dengan tanaman pepaya. Irkham Zahrul Mila mengaku mulai menggarap ladang dengan luas lebih dari 3 ribu meter persegi, yang baru dirintisnya.

"Hari ini dibantu beberapa pegawai saya, mencangkul tanah untuk segera ditanami pepaya. Besok Sabtu rencananya bibit sudah datang dan siap ditanam," terang Irkham Zahrul Mila saat dihubungi Bola.com, Selasa (7/4/2020).

"Rencana memang sudah lama, dari Januari lalu. Sekarang mumpung kompetisi libur, ya bisa jadi kegiatan lain. Lahan itu saya sewa dua tahun. Ya, untuk kegiatan kalau pas libur bisa main ke sawah," lanjut pemain PSS Sleman ini.

 

Video

2 dari 2 halaman

Bisnis Menjanjikan

Eks pemain Persis Solo ini mengatakan terdapat peluang usaha dari bercocok tanam, terutama pepaya. Winger PSS Sleman ini sengaja hanya akan menanam pohon pepaya, sesuai arahan dari saudaranya yang juga menjalankan usaha yang sama.

Setelah mendapat tawaran tersebut, Mila pun berdiskusi dengan kedua orang tuanya. Hingga akhirnya usaha bertani pepaya dirintisnya. Harapannya dapat menjadi sumber penghasilan sampingan di luar sepak bola yang digelutinya.

"Daerah sini mulai banyak yang menanam pepaya. Prosesnya sekitar enam sampai tujuh bulan, baru bisa dipetik hasilnya. Seminggu sekali bisa panen," tutur pemain Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019.

"Kalau habis latihan atau lagi tidak ada kegiatan, bisa mengecek kebun. Melihat yang segar-segar di ladang," jelas Irkham Mila.

Video Populer

Foto Populer