Sukses


Cerita Jacksen F. Tiago soal Keluarga dan Situasi Pandemi Virus Corona di Brasil

Bola.com, Jakarta - Negara-negara di seluruh dunia saat ini sedang berperang melawan pandemi virus corona. Tak terkecuali dengan Brasil, negara asal pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago.

Menurut data pantau kasus pandemi virus corona, Johns Hopkins University & Medicine, terjadi 30.891 kasus positif corona di Brasil sampai Jumat (17/4/2020). Jumlah itu membuat Brazil menghuni peringkat ke-13 sebagai negara dengan kasus positif corona terbanyak di dunia.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.952 orang meninggal dunia. Jacksen F. Tiago dibuat khawatir dengan tingginya angka positif corona di negaranya.

Apalagi keluarga besar Jacksen saat ini berada di Brazil. Begitu pula dengan sang adik yang kebetulan berprofesi sebagai perawat di Rumah Sakit.

"Tuhan sudah memanggil Mama saya beberapa waktu yang lalu sehingga tinggal seorang adik di Brasil. Kebetulan adik saya seorang perawat dan dia dan keluarganya sangat disiplin dalam menjalankan segala hal yang menyangkut kesehatan," kata Jacksen kepada Bola.com, Jumat (17/4/2020).

Jacksen bercerita, situasi Brasil saat ini tak jauh berbeda dengan di Indonesia. Ada sejumlah kota yang memberlakukan sistem lockdown secara ketat dan hampir semua aktivitas bisnis ditutup.

"Mengenai kebijakan Pemerintah Brasil tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Ada beberapa kota yang ketat dalam memberlakukan lockdown, akan tetapi ada juga yang longgar. Bedanya, di sana bisnis dan usaha hampir semua tutup secara penuh," ujar Jacksen F. Tiago.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Menteri Mundur dan Suhu Politik Panas

Selain itu, Jacksen F. Tiago juga bercerita, situasi negaranya saat ini sedang kacau. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya kebijakan dari Pemerintah Brasil yang menuai kritikan dari pakar dan masyarakat.

"Pemerintah di sana juga kebijakannya dikritik. Persis sama dengan di Indonesia. Kemarin pagi, Menteri Kesehatan Brasil, Luiz Henrique Mandetta, diganti karena tidak sepakat dengan Presiden Jair Bolsonaro dalam hal kesehatan dan ekonomi negara," ucap Jacksen.

Hal itulah yang membuat Jacksen menyebut suhu politik negaranya juga sedang panas karena pandemi virus corona. Kondisi yang tak jauh berbeda dengan Indonesia.

"Persis sama dengan kebijakan Pak Jokowi. Suhu politik di negara saya saat ini sangat panas. Sama dengan di Indonesia sehingga banyak pendapat yang kontra," ujar Jacksen.

Saat ini, Jacksen F. Tiago sedang berada di Surabaya, Jawa Timur. Mantan pelatih sekaligus pemain Persebaya Surabaya itu memanfaatkan masa libur dengan quality time bersama anak dan istrinya selama imbauan isolasi mandiri di rumah.

Video Populer

Foto Populer