Sukses


Respons Jacksen F. Tiago Mengenai Pemotongan Gaji di Persipura

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, bersikap obyektif terkait pemotongan gaji yang dianjurkan PSSI selama pandemi virus corona. Menurut Jacksen, selama ada komunikasi yang baik antara klub dan pemain, maka mereka tak mempermasalahkan tindakan itu.

PSSI melalui Surat Keputusan bernomor SKEP/48/III/2020 pada 27 Maret merestui klub untuk melakukan pemotongan gaji pemain sampai 75 persen saat pandemi virus corona yang ditetapkan antara Maret hingga Juni 2020. Kebijakan itu diterapkan dengan mempertimbangkan keadilan untuk semua pihak.

Penghentian sementara kompetisi membuat pemasukan klub nihil. Meski demikian, klub juga tidak boleh lari dari tanggung jawab dalam memberikan gaji kepada pemain karena sudah diatur dalam kontrak kerja.

Persipura mengikuti anjuran yang dikeluarkan oleh PSSI. Artinya, para pemain akan mendapatkan gaji sebesar 25 persen dari kontrak kerja sama sampai Juni 2020.

"Saya merasa hal itu adalah sesuatu yang sangat wajar kalau berkaca kepada kondisi dunia saat ini. Hal yang paling penting adalah bagaimana klub membangun sebuah komunikasi yang baik antarkedua pihak," kata Jacksen kepada Bola.com, Jumat (17/4/2020). 

"Selama ada komunikasi yang baik, saya secara pribadi sangat bisa memahami posisi klub. Misalnya saya memahami kondisi keuangan klub tidak ada pemasukan sama sekali, sedangkan klub juga harus memahami sepak bola adalah profesi saya satu-satunya. Kalau masing-masing pihak menghargai hal itu, tidak ada masalah sama sekali buat saya," ujar pelatih asal Brasil itu.

Masa depan Shopee Liga 1 2020 masih menjadi tanda tanya. Hal itulah yang membuat Persipura Jayapura dan klub lainnya memilih meliburkan para pemainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Ambil Hikmah

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F.Tiago, juga mencoba mengambil hikmah dari penghentian sementara kompetisi Shopee Liga 1 2020 akibat pandemi virus corona. Menurut Jacksen, penghentian itu membuatnya lebih dekat dengan keluarga dan memanfaatkan waktu berkumpul yang berkualitas.

Jacksen F. Tiago memilih berada di Surabaya untuk berkumpul bersama keluarganya. Jacksen mengaku kesehariannya diisi dengan memanfaatkan waktu bersama anak dan istri, seperti berolahraga bersama atau menjalani kegiatan-kegiatan lainnya.

"Meskipun kami semua merasakan beratnya bencana di dunia ini, saya melihat sisi baiknya. Saya bisa berkumpul dengan keluarga tanpa tekanan keseharian dari pekerjaan," kata Jacksen.

"Sehingga saya bisa mengenal lebih dekat perkembangan sosial anak-anak yakni Hugo yang berusia 15 tahun serta Diego yang berusia 17 bulan," ujar Jacksen F. Tiago.

Video Populer

Foto Populer