Sukses


Zulkifli Syukur dan Keluarga Antusias Sambut Bulan Ramadhan

Bola.com, Makassar - Bulan Ramadhan sudah di depan. Bek senior PSM Makassar, Zulkifli Syukur mengungkapkan, ia bersama keluarganya sangat antusias menyambut ibadah puasa tahun ini.

Pemain eks tim nasional di Piala AFF 2010 ini berharap bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar meski kali ini suasananya berbeda ditengah pandemi virus corona yang menghantui seluruh dunia.

Apalagi Pemerintah Kota Makassar sendiri mulai memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bertepatan dengan hari pertama Ramadhan, Jumat (24/4/2020) selama dua pekan ke depan.

"Bagi saya ini momentum yang baik untuk lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT dan keluarga. Semoga setelah Ramadhan, situasi dan kondisi kembali normal," ujar Zulkifli kepada Bola.com, Rabu (24/4/2020) pagi.

Seperti Ramadhan sebelumnya, Zulkifli tetap menyempatkan diri mengunjungi keluarga terdekatnya untuk saling bermaafan jelang Ramadan. "Khususnya ke orangtua dan saudara. Tentu suasananya berbeda dengan tahun lalu. Saya dan keluarga tetap mengikuti anjuran pemerintah dengan menjaga jarak dan menggnakan masker," terang Zulkifli.

Begitu pun dengan menjalankan ibadah pada Ramadan nanti."Situasi dan kondisi sudah pasti berbeda karena adanya pandemi COVID-19. Tapi, demi kepentingan bersama, kami ikuti imbauan dan aturan pemerintah," papar Zulkifli.

Zulkifli menambahkan, sejak kompetisi terhenti, ia menghabiskan waktunya bersama sang istri, Sumarny Tanna serta ketiga putrinya, Nadia, Nayla dan Najwa di kediamannya yang berada di kawasan Pantai Tanjung Bunga Makassar.

"Saya dan keluarga praktis tidak kemana-mana. Untuk menyiasatinya, kami melakukan berbagai kegiatan yang variatif agar tak bosan di rumah. Terutama anak-anak yang terbiasa aktif di sekolahnya," lanjut Zulkifli.

Saksikan Video Pilihan Kami:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Berlatih Mandiri dan Berkebun

Sebagai pemain, Zulkifli wajib menjaga kondisi dan kebugarannya meski Shopee Liga 1 terhenti. Apalagi pelatih PSM, Bojan Hodak sudah membekali pemain sejumlah program latihan selama di rumah.

"Pesan utama coach Bojan Hodak adalah setiap pemain wajib menjaga berat badan. Jangan sampai naik drastis," ujar Zulkifli yang baru saja mengikuti kursus kepelatihan lisensi B AFC ini.

Zulkifli menuturkan ia bersama pelatih dan pemain lainnya tetap rutin berkomunikasi. "Kami saling mengingatkan untuk menjaga kesehatan dan kondisi. Kadang-kadang kami saling adu kemampuan via media sosial agar komunikasi tetap terjaga. Terus terang rindu juga dengan suasana latihan bersama tim," kata Zulikfli.

Selain latihan mandiri, belakangan Zulkifli mengisi waktu dengan berkebun memanfaatkan lahan kosong depan rumahnya. Rencananya ia akan menamam tanaman yang tak sulit untuk dirawat seperti pisang, cabai dan sejenisnya. "Lumayan untuk mengusir kejenuhan tiap hari di rumah saja,"pungkas Zulkifli.

Dia pun berharap pandemi virus corona cepat berlalu dan kompetisi kembali dilanjutkan. "Saat ini kami fokus jaga kesehatan dan beribadah. Selamat menyambut Ramadhan buat umat Muslim," pungkas Zulkifli mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer