Sukses


Bomber Naturalisasi Kelahiran Paraguay Berencana Merayakan Lebaran di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Sudah empat tahun Silvio Escobar merayakan Hari Raya Idulfitri alias Lebaran di Indonesia. Sejak menjadi mualaf pada 2016 lalu, penyerang Tira Persikabo ini perlu menetap di Tanah Air dan menahan keinginan untuk pulang kampung ke Paraguay.

Escobar tidak bisa kembali ke Paraguay lantaran pada periode tersebut ia tengah menjalani proses naturalisasi. Mantan striker Persija Jakarta ini bilang bahwa prosedur pergantian warga negaranya bisa lebih cepat dengan cara tersebut.

Escobar berencana untuk memperpanjang tradisi merayakan Lebaran di Indonesia pada Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah yang rencananya jatuh pada 24 Mei 2020. Pemain berusia 33 tahun ini belum berniat untuk mudik karena berbagai sebab.

Pertama, karena pandemi virus corona yang memaksanya untuk tetap berada di Indonesia. Kedua, sangat jarang bagi Escobar menjalani puasa Ramadhan dengan fokus karena umumnya kompetisi tetap berjalan.

Untuk kali ini, ibadah Escobar tidak akan terganggu lantaran kompetisi tengah vakum akibat wabah COVID-19.

"Ini akan menjadi Ramadhan kelima saya di Indonesia," kata Escobar ketika dihubungi Bola.com, Rabu (22/4/2020).

"Saat Lebaran, saya tidak pernah mudik ke Paraguay. Saya selalu berada di Jakarta untuk mengurus proses naturalisasi saya," jelasnya.

Video

2 dari 2 halaman

Berencana Pulang Kampung Setelah Lebaran

Setelah Lebaran, Escobar akan mematangkan konsep untuk pulang kampung ke Paraguay. Namun, dia masih menunggu wabah virus corona mereda.

"Rencananya tahun ini saya akan pulang ke Paraguay. Kalau dulu tidak bisa ke mana-mana. Kalau ke luar dari Indonesia lagi karena urus dokumen, saya tak bisa dapat paspor," tutur Escobar.

"Lebaran kali ini saya tidak pulang. Sebab, ada virus corona juga. Jadi saya merayakan di Jakarta saja," imbuh mantan pemain Perseru Serui ini.

Video Populer

Foto Populer