Sukses


Makna Ramadhan di Tengah Pandemi Virus Corona bagi Keluarga Jacksen Tiago

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, berusaha mengambil hikmah dari adanya perbedaan yang terjadi pada bulan Ramadhan tahun ini. Menurut Jacksen, Ramadhan tahun ini terasa berbeda karena berada di tengah pandemi virus corona.

Nilai toleransi melekat dalam keluarga Jacksen F. Tiago. Hal itu terjadi karena Jacksen beragama Nasrani, sedangkan sang istri Nadira Bajamal, dan kedua anak Jacksen yakni Hugo Samir serta Tiago Samir beragama Muslim.

Menurut Jacksen, persiapan keluarganya dalam menjalani ibadah puasa sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, adanya pandemi virus corona ini membuat keluarganya bisa lebih khuyuk dalam menjalani ibadah tanpa terganggu kegiatan dunia.

"Persiapan kami berjalan lancar dan tanpa ada perubahan. Namun, bulan puasa kali ini penuh makna. Tuhan memberi kesempatan kepada kami tahun ini untuk benar-benar bisa menjalankannya dengan hikmat dan khusyuk. Tanpa berpikir kegiatan duniawi," kata Jacksen kepada Bola.com.

"Ini adalah sebuah kesempatan untuk kami lebih baik lagi memperbaiki ibadah. Semoga, ibadah Ramadhan kali ini dapat dijalankan dengan baik. Meski dunia sekarang tertimpa musibah," ucap pelatih berusia 51 tahun itu.

Jacksen juga sedih karena Hari Raya Idul Fitri nanti tak bisa dinikmati dengan bersilaturahmi bersama keluarga dan rekan. Menurutnya, hal itu akan menjadi perbedaan yang sangat terasa.

"Lebaran tahun ini juga sepertinya berbeda dengan sebelumnya. Kecil kemungkinan kami nanti akan melakukan silaturahmi dengan keluarga maupun sahabat karena masih dalam nuansa karantina," ucap pelatih yang sudah memberikan tiga gelar buat Persipura Jayapura itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Kurma dan Madu

Sama seperti keluarga lainnya di Indonesia, Jacksen F. Tiago juga mempersiapkan asupan pendukung agar keluarganya kuat menjalani ibadah puasa. Pelatih Persipura Jayapura itu mengandalkan kurma dan madu.

"Biasanya kalau saya selalu mempersiapkan kurma dan madu saja. Untuk penambah nutrisi selama menjalani puasa," ucap Jacksen F. Tiago.

Video Populer

Foto Populer