Sukses


Deretan Pemain Brasil di Shopee Liga 1 2020, Siapa Paling Garang?

Bola.com, Jakarta - Pemain Brasil tak bisa dipisahkan dari perjalanan sepak bola Indonesia. Setiap musimnya, pasti ada saja klub Indonesia yang menggunakan jasa pemain asal Negeri Samba itu.

Sebanyak 74 pemain asing berkarier di Indonesia musim ini. Dari jumlah tersebut, 24 di antaranya berasal dari Brasil.

Jumlah itu membuat Brasil menjadi negara penyumbang pemain terbanyak di Indonesia. Adapun PSIS Semarang dan Persela Lamongan menjadi klub yang menggunakan banyak pemain Brasil yakni tiga orang.

Para pemain Brasil menjadi idola klub Indonesia karena memiliki kemampuan di atas rata-rata. Hal itu dibuktikan dengan skill bermain bola maupun skill individu yang memesona.

Selain itu, para pemain asal Amerika Selatan tersebut juga dikenal memiliki postur tubuh yang tinggi. Mayoritas pemain Brasil yang ada di Indonesia memiliki tinggi di atas 180 cm.

Wajar bila banyak pemain Brasil bermain di posisi bek, tengah, dan penyerang. Lantas, siapa saja pemain Brasil yang musim ini berkarier di Indonesia sekaligus memeriahkan Shopee Liga 1 2020?

2 dari 8 halaman

Fransisco Torres

Fransisco Torres melanjutkan kariernya di Indonesia dengan membela Borneo FC pada 2020. Klub berjulukan Pesut Etam itu menjadi yang ketiga dibela Fransisco Torres setelah musim lalu memperkuat Badak Lampung dan Barito Putera.

Fransisco Torres menjadi kepercayaan pelatih Edson Tavares di lini depan Borneo FC. Torres langsung tampil menggebrak bersama Borneo FC musim ini.

Pemain berusia 30 tahun itu sudah mencetak dua gol dalam tiga pertandingan. Menarik untuk menyaksikan kelanjutkan kiprah Torres di Indonesia.

3 dari 8 halaman

Bruno Silva

Musim 2020 menjadi edisi kedua buat Bruno Silva bermain di Indonesia. Pemain berusia 29 tahun itu kembali membela PSIS Semarang.

Musim lalu, Bruno Silva berhasil tampil sebanyak 14 kali dan mencetak empat gol. Peningkatan performa ditunjukkan Bruno Silva musim ini.

Pemain berpostur 188 cm itu sudah mencetak dua gol dalam dua pertandingan bersama PSIS. Menarik untuk menyaksikan kelanjutkan kiprah Bruno Silva di Shopee Liga 1 2020.

4 dari 8 halaman

Jaimerson Xavier

Jaimerson Xavier bertahan di Madura United pada musim 2020. Keputusan tersebut diyakini karena Madura United masih membutuhkan jasa Jaimerson Xavier setelah musim lalu tampil apik di lini belakang.

Jaimerson Xavier musim ini menjadi pilihan utama pelatih Rahmad Darmawan di Madura United. Memiliki postur tubuh yang tinggi membuat Jaimerson Xavier mampu diandalkan untuk duel bola-bola udara.

Jaimerson Xavier juga merupakan pemain yang bisa diandalkan untuk mencetak gol. Biasanya, pemain berusia 30 tahun itu berbahaya dalam mengeksekusi bola udara hasil tendangan bebas atau penjuru.

5 dari 8 halaman

Renan Silva

Renan Silva musim ini bergabung dengan Bhayangkara FC. Klub berjulukan The Guardians itu menjadi klub ketiga yang dibela Renan Silva setelah Persija Jakarta dan Borneo FC.

Renan Silva tak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan Bhayangkara FC. Pemain berusia 31 tahun itu langsung mendapatkan peran inti di lini tengah Bhayangkara FC.

Kepercayaan itu dijawab Renan Silva dengan penampilan apik di lapangan. Renan Silva sejauh ini sudah mencetak dua gol dalam tiga pertandingan yang dimainkannya.

6 dari 8 halaman

Wander Luiz

Wander Luiz bergabung dengan Persib Bandung dari klub Vietnam, Becamex Binh Duong. Pemain berusia 28 tahun itu langsung tampil gemilang bermain di bawah asuhan pelatih Robert Alberts.

Wander Luiz sukses mencetak empat gol dari tiga pertandingan yang dimainkannya bersama Persib Bandung. Jumlah tersebut membuat Wander Luiz menjadi pencetak gol terbanyak sementara di Shopee Liga 1 2020.

Menarik untuk menyaksikan kiprah Wander Luiz musim ini. Apalagi masih ada 31 laga yang tersisa musim ini.

7 dari 8 halaman

Daftar Lengkap

1. Bali United: Willian Pacheco

2. Barito Putera: Cassio de Jesus

3. Bhayangkara FC: Renan Silva

4. Borneo FC: Diogo Campos, Fransisco Torres

5. Madura United: Bruno Matos, Jaimerson Xavier

6. Persebaya Surabaya: David da Silva

7. Persela Lamongan: Gabriel do Carmo, Marquinhos Carioca, Rafinha

8. Persib Bandung: Wander Luiz

9. Persik Kediri: Jefferson Oliveira

10. Persipura Jayapura: Arthur Cunha, Thiago Amaral

11. Persiraja Banda Aceh: Bruno Dybal, Valderlei Francisco

12. PSIS Semarang: Bruno Silva, Flavio Beck, Wallace Costa

13. PSM Makassar: Giancarlo Rodrigues

14. PSS Sleman: Guilherme Batata

15. Tira Persikabo: Alex Goncalves, Ciro Alves

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Bima Sakti Jelaskan Latihan Timnas Indonesia U-16 yang Berbeda di Tengah Pandemi COVID-19

Video Populer

Foto Populer