Sukses


Cerita Stefano Cugurra Teco tentang Sang Ayah, Sosok Berpengaruh dalam Karier Kepelatihan

Bola.com, Bali - Stefano Cugurra Teco boleh dibilang merupakan pelatih yang sukses berkarier di Indonesia. Kiprah cemerlang tersebut ternyata tidak lepas dari peran sang ayah yang juga merupakan seorang pelatih sepak bola, Gildo Rodrigues.

Stefano Cugurra Teco berhasil menjadi pelatih yang sukses membawa dua tim berbeda menjadi juara dalam dua musim terakhir. Pelatih asal Brasil ini membawa Persija Jakarta menjuarai Liga 1 2018 plus Piala Presiden 2018, dan berlanjut dengan menjuarai Liga 1 2019 bersama Bali United.

Tapi bukan itu saja. Gelar juara yang pertama kali diraih Teco di Indonesia adalah pada 2004. Saat itu Teco merupakan pelatih fisik Persebaya Surabaya yang menjadi juara Liga Indonesia 2004, di mana saat itu Jacksen Tiago merupakan pelatih kepala Bajul Ijo.

Tak hanya berkarier di Indonesia, Teco juga pernah menangani tim Malaysia dan Thailand. Namun, rezeki dan prestasi memang diraih pelatih asal Brasil ini di Indonesia.

Namun, ternyata Teco memiliki sosok yang cukup memberikan pengaruh kepadanya sebagai seorang pelatih. Sosok tersebut adalah sang ayah sendiri, Gildo Rodrigues. Nama ini juga tidak asing bagi masyarakat Surabaya, di mana dirinya pernah menangani Persebaya pada 2006 hingga 2007.

"Saya banyak belajar ilmu kepelatihan dari ayah saya. Saya belajar banyak program latihan dari Brasil. Saya ikut dia sebagai pelatih sepak bola di beberapa negara, seperti Kuwait, Liberia, Uni Emirat Arab, Bahrain, Amerika Serikat, hingga Indonesia bersama tim Persebaya," ujar Coach Teco.

"Saya terkesan saat ikut ayah berkarier di Kuwait. Waktu itu ayah saya sering membawa timnya juara Liga dan Copa di sana. Selain itu, dia juga pernah menangani Timnas Kuwait. Hingga akhirnya saya suka sepak bola dari ayah saya karena pekerjaannya," lanjut Stefano Cugurra Teco.

 

Video

2 dari 2 halaman

Makanan Favorit

Seperti halnya semua warga negara asing yang datang ke Indonesia, makanan yang paling dikenal saat itu adalah nasi goreng. Stefano Cugurra Teco baru menemukan makanan favorit lain setelah satu tahun tinggal di Indonesia.

"Makanan favorit saya saat pertama kali datang ke Indonesia adalah nasi goreng. Setelah setahun tinggal di Indonesia saya menemukan rawon saat di mess Persebaya waktu itu. Sekarang rawon menjadi salah satu menu favorit saya," ujar Teco.

Sumber: Bali United

 

Video Populer

Foto Populer