Sukses


5 Pemain yang Paling Sering Melakukan Gol Bunuh Diri di Era Kompetisi Liga 1

Bola.com, Jakarta - Kompetisi kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1, mencatatkan fakta menarik sejak bergulir pada 2017. Sebanyak 55 gol bunuh diri terjadi sampai pekan ketiga musim 2020.

Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan gol yang dicetak seorang pemain di Liga 1. Contohnya adalah Beto Goncalves yang sejauh ini mengemas 54 gol.

Gol-gol bunuh diri mayoritas dilakukan oleh pemain belakang. Hal itu tercipta secara tidak sengaja karena berniat membuang bola malah membobol gawang sendiri.

Namun, gol bunuh diri juga kerap dianggap sebagai sesuatu yang dibuat secara sengaja. Jadi, setelah mencetak gol bunuh diri biasanya sang pemain langsung mendapatkan intimidasi dari rekannya, pelatih, bahkan suporter.

Dari total 55 gol bunuh diri yang terjadi di Liga 1 dicetak 50 pemain berbeda. Artinya, ada lima nama yang melakukannya lebih dari sekali.

Bola.com coba mengumpulkan lima nama yang sering melakukan gol bunuh diri di Liga 1. Berikut ini adalah para pemain yang tercatat sering mencetak gol bunuh diri di Liga 1 berdasarkan data dari Labbola.

2 dari 7 halaman

Donny Monim

Donny Monim sejauh ini sudah mencetak dua gol bunuh di Liga 1. Gol bunuh diri itu dicetak masing-masing ketika berseragam Perseru Serui (2018) dan Barito Putera (2019).

Gol bunuh diri pertama yang dicetak Donny Monim terjadi saat Perseru Serui menghadapi PSM Makassar pada 31 Maret 2018. Gol itu membuat PSM memetik kemenangan 1-0 atas Perseru Serui.

Sementara itu, gol bunuh diri kedua yang dicetak Donny Monim terjadi saat Barito Putera menghadapi Bhayangkara FC (18/9/2019). Dalam laga tersebut, Bhayangkara FC memetik kemenangan telak 4-1.

3 dari 7 halaman

Dandi Maulana

Dandi Maulana sejauh ini sudah mencetak dua gol bunuh diri di Liga 1. Semuanya terjadi ketika membela Barito Putera.

Gol bunuh diri pertama yang dicetak Dandi Maulana terjadi pada Liga 1 2017. Ketika itu, Dandi Maulana mencetak gol bunuh diri pada menit ke-31 saat melawan Persipura Jayapura. Laga kemudian berakhir dengan skor 1-1.

Gol bunuh diri kedua dicetak Dandi Maulana pada 31 Maret 2018 juga saat menghadapi Persipura Jayapura. Laga berakhir dengan skor imbang 2-2.

4 dari 7 halaman

Hilton Moreira

Hilton Moreira juga tercatat sudah mencetak dua gol bunuh diri di Liga 1. Gol bunuh diri itu dicetak Hilton Moreira ketika masih berseragam Sriwijaya FC dan Persipura Jayapura.

Gol yang pertama dicetak Hilton Moreira saat Sriwijaya FC menghadapi Persela Lamongan (1/6/2017). Gol tersebut membuat Sriwijaya FC menyerah 1-2.

Sementara itu, gol bunuh diri kedua yang dicetak ketika membela Persipura Jayapura pada 2018.

5 dari 7 halaman

Abdul Rahman

Abdul Rahman Sulaiman juga tercatat sudah mencetak dua gol bunuh diri di Liga 1. Gol bunuh diri tersebut masing-masing dicetaknya ketika berseragam Bali United dan PSM.

Gol bunuh diri pertama yang dicetak Abdul Rahman Sulaimain terjadi pada 23 April 2017. Ketika itu, Bali United sedang menjamu Persipura Jayapura. Gol bunuh diri yang dicetak Abdul Rahman akhirnya membuat Bali United kalah 1-2 dari Persipura.

Sementara itu, gol bunuh diri kedua yang dilakukan Abdul Rahman terjadi saat PSM Makassar menghadapi Persija Jakarta (16/11/2018). Gol bunuh diri Abdul Rahman membuat PSM kalah 0-2 dari Persija.

6 dari 7 halaman

Hamka Hamzah

Hamka Hamzah tercatat sudah dua kali mencetak gol bunuh diri di Liga 1. Kejadian itu dilakukan Hamka Hamzah ketika masih membela Arema pada musim 2019.

Gol bunuh diri Hamka Hamzah terjadi pada 22 Mei 2019. Ketika itu, Hamka Hamzah mencetak gol bunuh diri saat melawan Borneo FC. Dalam laga tersebut, Arema FC menelan kekalahan 0-2.

Adapun gol bunuh diri kedua yang dilakukan Hamka Hamzah terjadi di Stadion Gajayana ketika Arema menjamu Persipura Jayapura (4/7/2019). Hamka Hamzah ketika itu mencetak gol bunuh diri yang menjadi gol hiburan buat Persipura. Laga dimenangi Arema dengan skor 3-1.

Sumber: Labbola

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer