VIDEO: 4 Pemain Yang Telat Bersinar Bersama Timnas Indonesia, Salah Satunya Riko Simanjuntak

VIDEO: 4 Pemain Yang Telat Bersinar Bersama Timnas Indonesia, Salah Satunya Riko Simanjuntak

Riko Simanjuntak sudah malang melintang di sepak bola Indonesia sejak 2012. Pemain asal Pematang Siantar itu tercatat pernah membela PSMS Medan, PS Bangka, Gresik United, dan Semen Padang. Namun, Riko Simanjuntak sama sekali tidak dilirik oleh pelatih-pelatih Timnas Indonesia terdahulu. Riko Simanjuntak baru berhasil menembus Timnas Indonesia pada 2018 ketika memberikan penampilan gemilang di Persija Jakarta.Riko Simanjuntak mengawali debutnya pada usia 26 tahun di Timnas Indonesia. Sejauh ini, Riko sudah tampil sebanyak sembilan kali buat Timnas Garuda.

Indonesia rutin menghasilkan bibit-bibit sepak bola muda berbakat. Saking banyaknya, peta persaingan menuju Timnas Indonesia sangat ketat.

Fenomena tersebut tak terlepas dari luasnya wilayah Indonesia. Dengan sistem pendataan pemain muda yang belum mendukung, pelatih-pelatih Timnas Indonesia kesulitan untuk mencari bibit berkualitas dari penjuru Indonesia.

Faktor itulah yang membuat banyak pemain berkualitas yang dimiliki Indonesia jarang terendus. Pemain tersebut akhirnya harus menunggu lama momentum membela Timnas Indonesia.

Ketatnya persaingan membuat banyak pemain berkualitas yang dianggap telat bergabung dengan Timnas Indonesia. Indikatornya diukur dari usia yang sudah tak lagi muda ketika mendapatkan panggilan tugas negara.

Meskipun sudah tak lagi muda, para pemain tersebut nyatanya masih bisa bersaing kompeytif. Hal itu dibuktikan dengan penampilan di lapangan yang didukung kepercayaan dari pelatih.

Berikut 4 pemain yang telat bersinar bersama Timnas Indonesia, termasuk Riko Simanjuntak.

Ringkasan

Oleh Diatama Ibduansa, Iqri Widya pada 11 May 2020, 18:25 WIB

Video Terkait

Spotlights