Sukses


Ahmad Bustomi Berani Naik Meja Operasi karena Hamka Hamzah

Bola.com, Jakarta - Gelandang Persela Lamongan, Ahmad Bustomi, punya pengalaman buruk dalam kariernya karena mengalami cedera cedera ligamen lutut anterior (ACL). Bahkan, Bustomi harus berpikir keras hingga berani mengambil keputusan naik meja operasi.

Cedera ligamen lutut anterior (ACL) sebenarnya pernah dialami Ahmad Bustomi pada 2014. Namun, ketika itu Bustomi memilih untuk melakukan pengobatan alternatif.

Pada 2018, ketika masih memperkuat Mitra Kukar, cedera itu kembali kumat hingga akhirnya Bustomi mengambil keputusan untuk melakukan operasi. Hamka Hamzah merupakan sosok yang mendesak Bustomi untuk mengambil tindakan operasi karena pernah mengalami cedera yang sama.

"Sebagai pemain sepak bola, saya kaget, tapi Alhamdulillah saya bertemu dengan teman-teman yang pernah mengalami cedera yang sama. Seperti Hamka Hamzah, yang ngotot memberikan saran kepada saya untuk melakukan operasi. Alhamdulillah, setelah operasi saya lebih kuat lagi," kata Ahmad Bustomi di akun Youtube Hamka Hamzah.

Setelah melakukan operasi di Jakarta, Ahmad Bustomi melakukan pemulihan yang memaksanya tidak bermain sepanjang musim 2018. Pemain yang akrab disapa Cimot itu juga memberi saran kepada pemain yang mengalami cedera ACL untuk segera melakukan tindakan operasi.

"Risiko seorang atlet itu adalah cedera, tapi kalau memang sudah divonis dan pemindaian MRI (Magnetic resonance imaging) ada ligamen yang sobek dan putus, secepatnya dilakukan tindakan operasi. Kalau pengalaman pengobatan melalui alternatif itu tidak bisa maksimal. Satu-satunya ya melakukan operasi," ucap Ahmad Bustomi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Kembali ke Liga 1

Ahmad Bustomi kemudian kembali bermain pada 2019. Namun, ketika itu Mitra Kukar harus turun kasta ke Liga 2.

Pada awal 2020, Ahmad Bustomi kembali ke Liga 1 setelah direkrut Persela Lamongan. Pemain berusia 34 tahun itu tak menyangka masih mendapatkan kesempatan bermain di kompetisi elite Indonesia tersebut.

"Alhamdulillah saya sangat bersyukur dengan kesempatan ini. Ternyata saya masih bisa bermain di Liga 1," tegas Ahmad Bustomi.

Musim ini Ahmad Bustomi sudah bermain sebanyak tiga kali bersama Persela Lamongan. Namun, perannya belum maksimal karena tak bisa memberikan kemenangan buat klub berjulukan Laskar Joko Tingkir tersebut.

Sumber: Youtube Hamka Hamzah

Video Populer

Foto Populer