Sukses


Setelah Cristiano Ronaldo dan Sederet Bintang Dunia, Muly Munial Ingin Datangkan Sir Alex Ferguson, Lionel Messi, dan Mohamed Salah

Bola.com, Jakarta - Nama Mulyawan Munial, atau yang karib disapa Muly Munial, mungkin tidak asing lagi bagi para penggemar olahraga, terutama sepak bola nasional di Indonesia. Tidak hanya menjadi agen atau sports manager banyak atlet bertaraf nasional, Muly Munial berpengalaman dalam mendatangkan bintang-bintang sepak bola dunia ke Indonesia, termasuk Cristiano Ronaldo.

Muly Munial merupakan agen yang membawa Cristiano Ronaldo bertemu dengan Martunis pada 2005. Saat itu, bintang sepak bola yang tengah berseragam Manchester United itu juga ada keperluan bisnis dengan sebuah produk minuman energi di Indonesia untuk pembuatan iklan.

Kemudian Muly Munial kerap mendatangkan pemain-pemain kelas dunia ke Indonesia untuk melakukan aktivasi-aktivasi bersama sejumlah sponsor, seperti Cesc Fabregas, Antonio Reyes, Rio Ferdinand, Xabi Alonso, dan Edwin van der Sar.

Cukup lama tidak mendatangkan pemain dunia ke Indonesia karena fokus mengurus begitu banyak atlet muda Indonesia, ternyata sport manajer dari Bambang Pamungkas ini masih punya harapan untuk mendatangkan tokoh sepak bola dunia ke Indonesia.

"Fokus saya sekarang memang membantu pemain lokal. Tapi dari dulu saya masih punya keinginan untuk membawa Sir Alex Ferguson, Lionel Messi, dan Mohamed Salah," ujar Muly Munial dalam wawancaranya untuk channel Youtube Adam Alis.

Dalam beberapa tahun terakhir, Muly Munial memang terbilang tak pernah lagi membawa pesepak bola dunia untuk hadir di Indonesia. Pria yang memulai bisnisnya sendiri sebagai sports manager sejak 2002 itu kini memang memiliki begitu banyak klien.

Selain Bambang Pamungkas yang menjadi klien pertamanya sejak 2004, banyak pemain ada di bawah naungan Muly Munial, seperti Andik Vermansah, Adam Alis, David Laly dan sejumlah pemain muda yang masuk dalam Timnas Indonesia, seperti Hanif Sjahbandi, Bagas Adi Nugroho, Evan Dimas, Samuel Christianson, Syahrian Abimanyu, dan Rendy Juliansyah.

Video

2 dari 2 halaman

Tanggapan Soal Mino Raiola-nya Indonesia

Begitu banyak menangani atlet-atlet olahraga, seperti pesepak bola, pemain bulutangkis, dan perenang, membuat Muly Munial kerap mendapat sebutan sebagai Mino Raiola-nya Indonesia.

Seperti diketahui, Mino Raiola merupakan agen pemain dunia yang mengurus banyak pemain hebat di Eropa. Zlatan Ibrahimovic, Mario Balotelli, Pavel Nedved, Henrikh Mkhitaryan, Paul Pogba, Blaise Matuidi, Gianluigi Donnarumma, Matthijs de Ligt, Moise Kea, Lorenzo Insigne, Marco Verratti, Romelu Lukaku, Jesse Lingard, dan Elring Braut Haaland adalah bintang-bintang yang ditangani oleh Raiola.

Namun, Muly Munial merasa anggapan orang-orang yang menyamakan dirinya seperti Mino Raiola terlalu berlebihan. Justru Muly Munial mengaku dirinya termotivasi ketika melihat kesuksesan yang diraih Raiola.

"Saya rasa tidak seperti itu. Saya jauh di bawah dia. Penghasilannya sudah ratusan juta dolar. Namun, memang melihat dia menjadi motivasi buat saya," ujar Muly Munial kepada Adam Alis.

"Sama seperti halnya ketika lo melihat Modric dan kemudian termotivasi. Sebagai agen lokal, saya melihat sosoknya bisa menjadi motivasi bagi saya. Bahwa industri olahraga bisa sukses. Tapi kalau dibandingkan, saya masih jauh di bawahnya," lanjut Muly membumi.

Sumber: Youtube Adam Alis

Video Populer

Foto Populer