Sukses


Frendi Saputra, Kisah Bek Sayap PSIS yang Punya Kemampuan seperti Rory Delap

Bola.com, Lampung - PSIS Semarang cukup beruntung memiliki pemain yang punya kemampuan komplet di posisi bek sayap. Frendi Saputra, wing back kiri Mahes Jenar kini mulai mendapat tempat di tim utama.

Selain punya kualitas sebagai bek sayap kiri penjelajah, baik saat bertahan maupun menyerang, Frendi juga punya kelebihan seperti saat lemparan ke dalam. Frendi Saputra selalu mendapat tugas mengambil lemparan ke dalam yang dilakukan timnya, terutama di sisi kiri.

Lantaran lemparan bolanya terhitung jauh, Frendi selalu mendapat perintah mengambil throw in. Bahkan dirinya disebut-sebut seperti pesepakbola Inggris, Rory Delap, yang dikenal sebagai pelempar bola paling andal di tanah Britania Raya.

Pemain asal Irlandia tersebut berpetualang di sejumlah klub Premier League bersama Derby County, Southampton, Sunderland, dan Stoke City. Lemparan ke dalam yang dilakukannya bisa menjadi asisst atau membuat kemelut di depan gawang lawan.

Kemampuan Rory Delap ternyata juga dimiliki Frendi Saputra. Sejak musim lalu saat PSIS Semarang dibesut Bambang Nurdiansyah, dan sekarang dilatih Dragan Djukanovic, Frendi Saputra seringkali mendapat instruksi mengambil lemparan ke dalam.

Termasuk kerap harus mengelap bola agar tidak licin saat dilempar. Sementara di depan gawang lawan sudah menumpuk rekan-rekannya yang siap menyelesaikan bola hasil lemparan Frendi.

Ketika membela Perserang, sebuah gol dari rekannya tercipta hasil lemparan langsung. Begitu juga saat berseragam PSIS Semarang, gol dari Hari Nur Yulianto pernah lahir yang prosesnya diawali dari lemparan ke dalam Frendi.

 

Video

2 dari 2 halaman

Asal Muasal Sebutan Rory Delap

Kepada Bola.com, Frendi Saputra menceritakan asal muasal dirinya banyak disebut Rory Delap-nya PSIS Semarang. Mengingat ia sendiri tak mengetahui sosok Rory Delap yang berkemampuan lebih melakukan lemparan ke dalam.

"Soal Rory Delap, terus terang saya tahunya dari teman-teman media yang menyebut saya seperti dia. Lemparan ke dalam memang jatah wing back. Saya juga tidak paham mengapa lemparan saya bisa jauh," terang Frendi Saputra belum lama ini.

"Jadi ceritanya awal lemparan jauh itu saat ikut tim Pra-PON Bengkulu pada 2011. Bola lemparan dari hampir separuh lapangan langsung masuk ke gawang. Sempat jadi kontroversi karena wasit mengesahkan gol, tim lawan pun protes, akhirnya tidak disahkan. Saya juga kaget kok bisa masuk dan sempat berselebrasi," tuturnya.

Mantan pemain Perserang Serang ini mengaku sering ditanya oleh rekan-rekannya, tentang cara atau rahasia agar memiliki kemampuan lemparan bola jauh. Ia pun bercanda menjawabnya latihan memanjat pohon kelapa dan memuntir buahnya dengan tangan, baik kanan maupun kiri.

Selain itu, Frendi mengaku memang dari dulu sering beraktivitas di sawah termasuk mencangkul, sehingga kekuatan otot tangannya terbentuk.

"Siapa saja bisa kencang kok kalau melakukan lemparan ke dalam, asal tolakanmya tepat, yaitu tepat saat melepas bola. Menurut saya, itu faktornya untuk melempar ke dalam jauh," jelas Frendi menutup pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer