Sukses


Pandemi Virus Corona Masih Berlangsung, Filipina Pede Memulai Kompetisi pada Juli

Bola.com, Manila - Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) mulai merencanakan jadwal bergulirnya musim baru Philippines Football League (PFL). Presiden PFF, Mariano Araneta, optimistis PFL bisa memulai musim baru pada Juli mendatang.

Keyakinan itu diungkapkan langsung oleh Mariano Araneta dalam acara podcast Eat, Sleep, Breathe Football. Berkaca pada kompetisi Eropa hingga Asia yang sudah kembali bergulir, Mariano Araneta yakin negaranya siap memulai Philippines Football League 2020.

"Negara-negara yang menderita lebih buruk daripada kami seperti Spanyol dan Jerman, telah memulai kembali liga mereka. jadi, saya tidak melihat alasan mengapa kami tidak bisa memulai liga selama berlatih dengan prosedur kesehatan untuk pemain," kata Araneta seperti dikutip Panaynews, Minggu (31/5/2020).

Demi mendapatkan restu dari Pemerintah Filipina, Araneta menyebut pihaknya sudah menyerahkan protokol kesehatan yang siap digelar dalam laga sepak bola ke Games and Amusement Board (GAB).

Badan yang merupakan pengatur olahraga profesional yang dikelola pemerintah kemudian mengirimkan proposal PFF ke Satuan Tugas Antar-Lembaga tentang Penyakit Menular.

Rencananya, PFL 2020 bergulir pada pertengahan Juli 2020. Nantinya, PFF akan melakukan tes kesehatan untuk semua pemain dan pihak yang terlibat dalam latihan dan pertandingan demi alasan keamanan.

"Kami membandingkan dengan catatan negara tetangga ASEAN. Mudah-mudahan kami bisa memulai sesi latihan sebelum 15 Juni. Setelah satu bulan latihan, kami bisa memulai musim pada 15 Juli," ucap Araneta.

"Para pemain juga tidak akan berlatih jika tak merasa aman. Kami akan melakukan pemeriksaan kepada semua pemain dan offisial sebelum latihan dan pertandingan," tegas Araneta.

Rencana PFF untuk memulai Philippines Football League 2020 terbilang cukup berani. Mengacu pada data Minggu (31/5/2020), masih terjadi peningkatan kasus positif corona di Filipina yakni 17.224 orang dengan angka kematian mencapai 950 jiwa.

2 dari 3 halaman

Indonesia Masih Misteri

Langkah yang diambil Filipina untuk memulai Philippines Football League 2020 mengikuti negara-negara ASEAN lainnya. V-League Vietnam sudah bergulir pada Mei, Liga Kamboja bakal menyusul pada Juni, sedangkan Thailand dan Malaysia baru akan menggelar liga dalam beberapa bulan ke depan.

Sementara itu, Indonesia belum menentukan sikap apakah kembali melanjutkan Liga 1 2020 atau menghentikan secara total. PSSI masih bersabar untuk mengikuti sikap pemerintah terkait status darurat bencana pandemi virus corona yang sudah berakhir pada 29 Mei 2020.

Adapun mayoritas klub Liga 1 2020 sepakat agar kompetisi dihentikan secara total. Melalui rapat virtual yang digelar pada Rabu (27/5/2020), 12 dari 18 klub peserta sepakat kompetisi Liga 1 2020 dihentikan secara total.

Sumber: Panaynews

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Pemain Bhayangkara FC, Jajang Mulyana Giat Lakukan Penyembuhan Tahap Akhir Pasca Cedera

Video Populer

Foto Populer