Sukses


PSSI Beri Sinyal Melanjutkan Kompetisi demi Piala Dunia U-20 2021

Bola.com, Jakarta - PSSI memberi sinyal melanjutkan kembali kompetisi sepak bola di Indonesia mulai September atau Oktober 2020. Opsi itu kemungkinan diambil demi menjaga citra Indonesia yang akan menggelar Piala Dunia U-20 2021.

Opsi melanjutkan kompetisi bergulir dalam rapat virtual yang digelar PSSI dengan klub-klub peserta Liga 1 dan Liga 2 pada Selasa (2/6/2020). Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dan dihadiri petinggi PSSI lainnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan Tim Medis PSSI.

Pelaksana Tugas Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyebut pihaknya menggulirkan beberapa opsi kepada klub Liga 1 dan liga 2. Opsi yang diberikan berupa rencana kompetisi dimulai, penambahan subsidi, dan venue pertandingan.

"PSSI memberikan opsi-opsi kepada klub Liga 1 dan 2 terkait kelanjutan kompetisi. Jadi keputusan tetap di rapat Komite Eksekutif. Seperti Liga 1 dimulai bulan September atau Oktober, setelah itu terkait nominal penambahan subsidi, dan pertandingan dimainkan di Pulau Jawa, konsep degradasi dan promosi," kata Yunus Nusi seperti dikutip situs resmi PSSI.

Yunus Nusi menambahkan, PSSI memberikan opsi melanjutkan kompetisi untuk melihat kepentingan yang lebih besar yakni Timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021. Meski demikian, pihaknya tetap menjamin adanya penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Jadi opsi untuk status kompetisi Liga 1 dan 2 adalah kompetisi lanjutan. Kompetisi akan dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Tadi dokter Syarif Alwi juga telah memberikan paparan kepada seluruh klub," ucap Yunus Nusi

2 dari 3 halaman

Menyediakan Payung Hukum

Yunus Nusi juga menyebutkan PSSI siap memberikan payung hukum kepada pemain dan pelatih terkait kontrak begitu kompetisi bergulir lagi. Untuk itu, PSSI berencana melakukan diskusi lanjutan untuk membahas hal itu.

Rencananya, diskusi tersebut akan dilakukan PSSI dengan APPI (Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI).

PSSI juga terus berkomunikasi dengan Pemerintah yang diwakili Menteri Pemuda dan Olahraga. PSSI juga akan melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19, Kementerian Kesehatan, Kepolisian Republik Indonesia, dan lainnya.

Sumber: PSSI

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer