Sukses


5 Pasang Abang Adik di Pentas Liga 1 2020, Setim atau Jadi Rival Tetap Profesional

Bola.com, Jakarta - Tak berlebihan untuk menyebut sepak bola adalah panggung persaudaraan. Apalagi Liga 1 2020 sebagai kompetisi sepak bola elite Indonesia yang jadi panggung abang adik.

Liga 1 2020 terasa sangat spesial karena terdapat beberapa pasangan abang adik. Mereka ada yang bermain satu tim dan ada juga yang menjadi rival di lapangan.

Meskipun demikian, penampilan mereka di lapangan tetap profesional. Status abang adik sejenak ditinggalkan demi meraih kesuksesan dalam karier masing-masing.

Pertandingan yang melibatkan kedua bersaudara itu dinantikan. Namun, persaingan kedua bersaudara itu hanya sebatas di lapangan. Setelah laga, keduanya tentu akan kembali menjadi abang adik yang tak bisa dipisahkan oleh apa pun.

Bola.com mengumpulkan sejumlah abang adik yang masih aktif di sepak bola Indonesia. Berikut ini adalah lima pasang abang adik yang meramaikan Liga 1 2020.

2 dari 7 halaman

1. Gian Zola dan Beckham Putra

Persib Bandung memiliki dua pemain yang merupakan abang adik yakni Gian Zola dan Beckham Putra. Kedua pemain tersebut sama-sama menghuni tim reguler Persib pada Liga 1 2020.

Gian Zola merupakan abang dari Beckam Putra. Keduanya terpaut usia tiga tahun dan sama-sama bermain di posisi gelandang.

Keduanya bersaing untuk mengisi lini tengah Persib. Meski demikian, Gian Zola dan Beckham sama-sama memiliki karakter bermain yang khas.

3 dari 7 halaman

2. Rezaldi Hehanussa dan Al Hamra Hehanusa

Tak banyak yang tahu Persija Jakarta memiliki dua pemain yang merupakan abang adik. Mereka adalah Rezaldi Hehanussa dan Hamra Hehanussa.

Nama Rezaldi memang sudah tak asing di telinga suporter Persija. Rezaldi merupakan bek kiri langganan Persija yang sudah tampil sejak 2016.

Adapun Hamra yang usianya lebih muda empat tahun dari Rezaldi lebih sering duduk di bangku cadangan. Hamra juga memiliki posisi yang sama yakni bek sayap kiri.

4 dari 7 halaman

3. Indra Kahfi dan Andritany Ardhiyasa

Indra Kahfi merupakan abang dari Andritany Ardhiyasa. Keduanya terpaut usia lima tahun dan bermain di posisi yang berbeda.

Indra Kahfi bermain di Bhayangkara FC sebagai bek. Adapun Andritany merupakan kiper dari Persija Jakarta.

Meskipun berstatus sebagai abang adik, keduanya selalu profesional di lapangan. Pertandingan antara Persija melawan Bhayangkara FC tentu akan selalu dinantikan setiap musim oleh anak dari pasangan Talih Ardhiyasa dan Neni Yuliani itu.

5 dari 7 halaman

4. Fandi Eko Utomo dan Wahyu Subo Seto

Fandi Eko Utomo merupakan abang dari Wahyu Subo Seto. Keduanya adalah putra dari mantan pemain Timnas Indonesia, Yusuf Ekodono.

Fandi Eko Utomo saat ini bermain PSIS Semarang, sedangkan Wahyu Subo Seto membela Bhayangkara FC. Keduanya memiliki posisi yang sama yakni gelandang.

Tentu saja Liga 1 2020 menjadi musim yang menarik buat keduanya. Laga antara PSIS melawan Bhayangkara FC selalu yang bakal ditunggu-tunggu Fandi Eko dan Wahyu Subo Seto.

6 dari 7 halaman

5. Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa

Setelah tampil impresif di Timnas Indonesia U-16, Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi sama-sama bergabung dengan Barito Putera U-19. 

Barito Putera resmi memboyong Amiruddin Bagus Kahfi dan Amiruddin Bagas Kaffa, Selasa (31/10/2018). Pemain yang akrab disapa Bagus dan Bagas tersebut memperkuat Laskar Antasari untuk mengarungi Liga 1 U-16 Elite Pro Academy 2018. 

Pada musim ini, keduanya promosi ke tim senior. Namun, Bagus Kahfi harus meninggalkan tim untuk sementara guna menimba ilmu di Inggris. Sayangnya, perjalanan Bagus di Inggris terhalang cedera parah yang membuatnya kemungkinan absen lama.

Bagas Kaffa menjalani debut di Barito Putera di Shopee Liga 1 2020 melawan Bali United pada Jumat (6/3/2020).

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer