Sukses


VIDEO: TikTok Bola.com, Belajar Membuat Foto Bek Timnas Indonesia, Yanto Basna Jadi Bergerak

Bola.com, Jakarta - TikTok Bola.com kali ini menampilkan karya video editor Okie Prabhowo yang mengisi waktu dengan belajar membuat sebuah foto menjadi seolah bergerak. Foto yang ia pilih adalah bek Timnas Indonesia, Yanto Basna.

Sebuah foto bisa dijadikan animasi sederhana sehingga seolah-olah bergerak. Beberapa aplikasi yang digunakan yaitu photoshop dan after effects keluaran Adobe. Kedua aplikasi tersebut yang dipakai juga oleh video editor Bola.com untuk membuat foto bek Timnas Indonesia, Yanto Basna, seolah bergerak menyundul bola.

Foto yang digunakan yaitu saat Yanto Basna menyundul bola. Objek Yanto dengan bola berjarak. Lalu, bagaimana caranya bisa membuatnya seolah menyundul? Langkah pertama yang dilakukan adalah memisahkan objek Yanto Basna, sebagai foreground, dengan latar belakang (background). Cara memisahkannya menggunakan fitur pen tool di photoshop. Tidak hanya Yanto Basna, objek bola juga harus dipisahkan.

Setelah dilakukan seleksi dengan pen tool, dibuat layer baru untuk objek Yanto Basna dan bola yang udah terpotong. Setelah itu, di background tentu adanya ruang yang kosong karena telah dipisahkan dari foreground. Ruang kosong itu diisi dengan fitur Fill. Setelah itu, Photoshop akan melakukan proses mengisi background dengan tekstur dan warna yang serupa dengan latar belakang.

Setelah Photoshop, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi After Effects. Pada aplikasi tersebut, dilakukan proses menggerakkan objek foreground dan juga background. Tidak hanya itu, digunakan juga fitur puppet pint tool untuk menggerakkan kepala Yanto Basna menjadi seolah-olah menyundul. Objek bola juga digerakkan agar bergerak dari dekat dahi ke tempat sebelumnya dan dibuat menjadi berputar.

Ingin tahu secara singkat bagaimana membuat foto bek Timnas Indonesia, Yanto Basna, seolah-olah bergerak? Kalian bisa menyaksikannya dalam video singkat TikTok Bola.com di atas.

Video Populer

Foto Populer