Sukses


Saran Hansamu Yama kepada Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20

Bola.com, Jakarta - Keinginan melihat para pemain Timnas Indonesia U-19 tampil digdaya di Piala Dunia U-20 dilontarkan bek Persebaya Surabaya, Hansamu Yama Pranata. Menurutnya, tidak ada yang tak mungkin selama mau bekerja keras, baik dalam latihan atau bermain nanti.

Timnas Indonesia U-19 dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada Mei 2021 mendatang. Indonesia dipastikan menjadi bagian dari pesta akbar itu setelah federasi sepak bola dunia, FIFA menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah.

Menurut Hansamu, Indonesia saat ini memiliki para pemain muda yang berkualitas. Ia pun yakin, para pemain muda itu bisa bicara banyak di Piala Dunia U-20 nanti.

Hansamu, di sisi lain, merupakan bagian dari Timnas Indonesia U-19 besutan Indra Sjafri yang berhasil menjuarai Piala AFF 2013 lalu. Ia memberikan petuah kepada calon pemain Tim Merah Putih nanti agar bisa sukses.

"Kita punya materi pemain-pemain muda yang bagus kok sekarang. Tapi ya itu intinya, berlatih keras. Apalagi kan pemain muda kita sudah bisa tampil di Liga 1. Itu akan menjadi modal bagus bagi mereka," kata Hansamu Yama Pranata kepada bola.com, Kamis (18/06/2020).

Yang terpenting bagi para pemain muda yang terpilih memperkuat Indonesia di Piala Dunia U-20 nanti, kata Hansamu, jangan merasa minder. Mereka harus mempunyai satu tujuan yang sama yakni mengibarkan Bendera Merah Putih lebih tinggi dari negara lain.

"Kesempatan harus digunakan sebaik mungkin. Siapa coba pemain yang tidak ingin bermain di Piala Dunia? Harus benar-benar maksimal berjuangnya. Latihannya harus lebih giat lagi, jangan berpuas diri dulu," ujarnya.

Meski demikian, Hansamu Yama tak menutup mata, jika lawan-lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 adalah lawan yang kuat yang mungkin saja diperkuat calon bintang masa depan sepak bola dunia.

 

2 dari 2 halaman

Target Semifinal

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menargetkan tim besutan Shin Tae-yong itu masuk babak semifinal. Hansamu Yama yakin para pemain yang tampil di Piala Dunia U-20 nanti sudah siap berjuang untuk bangsa dan negara serta memenuhi target tersebut.

"Bisa lah (mencapai target), Insya Allah tidak ada yang tidak bisa. Intinya, kerja keras, manfaatkan kesempatan yang ada dengan baik," tambahnya lagi.

"Sekarang kan bisa main di Liga 1 karena ada aturannya (regulasi U-20), jadi bagus sekali untuk mengasah mental dan juga kemampuan," Hansamu Yama mengakhiri pembicaraan.

Wawancara Elkan Baggott

Video Populer

Foto Populer