Sukses


Aji Santoso Sarankan PSSI Pasang Target Realistis untuk Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persebaya, Aji Santoso menyarankan agar Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memasang target realistis bagi skuad Timnas Indonesia U-19 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan.

Menurut Aji Santoso, selain tim-tim yang akan dihadapi Timnas Indonesia U-19 sudah jauh lebih maju. Tanpa mengesampingkan kekuatan Indonesia, tapi bisa tampil di Piala Dunia U-20 sebagai tuan rumah tentunya tak menjamin prestasi.

Seperti diketahui Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akan dihelat Mei 2021 mendatang. Indonesia mendapat satu tempat karena sesuai aturan FIFA, tuan rumah harus ikut pada perhelatan tersebut.

"Kita harus bicara realistis ya. Optimistis harus, memang seorang pelatih harus memiliki optimisme yang tinggi. Tetapi, kita harus realistis. Kita lolos ke Piala Dunia U-20 pun bukan dari babak kualifikasi, tapi hak sebagai tuan rumah," kata Aji Santoso kepada Bola.com.

Namun, sebagai warga negara Indonesia, Aji Santoso menegaskan dirinya berharap Timnas U-20 bisa meraih prestasi tertinggi di Piala Dunia nanti.

Aji pun mengakui jika saat ini banyak para pemain muda yang berkualitas yang ada di kompetisi Indonesia maupun yang saat ini sedang mengikuti program di luar negeri.

Satu hal yang harus diingat tim kepelatihan Timnas U-20, pemain dan juga PSSI, menurut pria yang pernah melatih Timnas U-23 untuk ASIAN GAMES Korea beberapa waktu yang lalu itu, meraih prestasi di perhelatan seperti Piala Dunia tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan.

"Tetapi untuk meraih prestasi di Piala Dunia itu tidak gampang, perlu perjuangan yang benar benar, lawannya yang dihadapinya pun adalah negara yang sspak bolanya sudah maju," ujarnya.

Namun, boleh saja jika PSSI ataupun tim kepelatihan memasang target tinggi Piala Dunia nanti buat Timnas Indonesia U-19. Menurut Aji, pencapain tinggi di perhelatan seperti Piala Dunia bukan hanya menjadi kebanggan tersendiri bagi PSSI, pemain, tim kepelatihan, melainkan masyarakat Indonesia.

 

Video

2 dari 2 halaman

Sah-Sah Saja, tapi...

PSSI sendiri memasang target semifinal untuk Bagas-Bagus dan kawan-kawan. Menurut Aji Santoso, sah-sah saja, tapi ini bisa menjadi boomerang buat Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20.

Ia hanya mencemaskan adanya opini bahwa Timnas Indonesia U-19 memang layak masuk semifinal, padahal jalannya akan sangat sulit. Saat gagal memenuhi target, masyarakat bisa saja mencemooh perjuangan para Garuda Muda.

"Tapi, kita harus tetap menginjakan kaki di bumi. Jangan nanti kita, masyarakat atau suporter kita dibuai dengan suatu opini, bahwa kita masuk semifinal," tuturnya.

"Oke lah kita target semifinal, tapi yang paling penting step by step saja. Apalagi kondisi sepak bola kita yang seperti ini. Memang dalam sepak bola itu tidak ada hal yang tidak mungkin. Tapi, lawan-lawan kita levelnya dimana? Jadi, realistis saja," Aji Santoso mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer