Sukses


PT LIB Berencana Gulirkan Shopee Liga 1 pada Awal Oktober 2020

Bola.com, Jakarta - Setelah mengumumkan kelanjutan Shopee Liga 1 dan Liga 2, tugas PSSI dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi belum rampung. Keduanya masih harus merumuskan berbagai regulasi, termasuk protokol kesehatan untuk menyesuaikan dengan kondisi new normal atau kelaziman baru.

Selain itu, masih belum ada tanggal pasti mengenai jadwal pelaksanaan Shopee Liga 1. PSSI dan PT LIB sebelumnya telah merumuskan dua opsi. Kompetisi kembali dilanjutkan pada September atau Oktober 2020.

"Nanti ada surat keputusan tentang kelanjutan kompetisi. Terkait juga dengan bagaimana pemain, gaji pemain, dan yang lain-lain. PT LIB sudah siap menggelar kompetisi antara September atau Oktober mendatang," kata Sudjarno, Direktur Operasional PT LIB ketika dihubungi Bola.com.

"Terkait dengan formatnya, kami menyesuaikan situasi yang sekarang. Kami ada dua opsi itu. Dimulai pada pertengahan September atau awal Oktober 2020. Tapi kelihatannya lebih cenderung ke awal Oktober 2020," imbuhnya.

Kenapa awal Oktober 2020? Sebab, PT LIB ingin memberikan kesempatan bagi setiap tim untuk mengumpulkan skuatnya dan berlatih kembali. Waktu tiga bulan dari sekarang dirasa cukup dalam menggelar persiapan.

"Karena klub kalau harus mengadakan persiapan untuk Shopee Liga 1, memanggil pemain dan segala macam paling tidak butuh waktu dua sampai tiga bulan," jelasnya.

Video

2 dari 2 halaman

Kompetisi Dilanjutkan dari Pekan ke-4

Sudjarno memaparkan bahwa kompetisi tidak akan dimulai dari awal. Melainkan, meneruskan pertandingan yang telah berjalan.

Sebelum dihentikan, Shopee Liga 1 memasuki pekan keempat. Namun, ada satu pertandingan pekan ketiga yang mengalami penundaan, yaitu Persija Jakarta kontra Persebaya Surabaya.

"Jadi untuk formatnya, di Shopee Liga 1, rencananya kami akan melanjutkan pekan yang sudah berjalan. Mulai dari pekan keempat sampai ke-34," tutur Sudjarno.

Video Populer

Foto Populer