Sukses


Fakhri Husaini Optimistis Timnas Indonesia U-19 Bisa Bersaing di Piala Dunia U-20 2021

Bola.com, Jakarta - Mantan pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini, optimistis Indonesia bisa bersaing di Piala Dunia U-20 2021. Penilaian tersebut diungkapkan Fakhri Husaini karena menilai kualitas pemain Indonesia tak kalah dengan negara lain.

Timnas Indonesia U-19 memiliki dua agenda besar dalam waktu dekat. Pasukan Shin Tae-yong bakal tampil di Piala AFC U-19 dan puncaknya adalah Piala Dunia U-20 2021.

Fakhri Husaini menilai Timnas Indonesia U-19 tidak membutuhkan pemain naturalisasi. Namun, para pemain harus dilatih dengan standar tinggi agar levelnya tak jauh berbeda dari negara lain.

"Pertama, percayalah sama anak asli Indonesia. Jangan menggantungkan nasib sepak bola kepada pemain naturalisasi. Kalau untuk usia muda, 19-20 tahun, saya yakin Indonesia masih sanggup menghadapi tim manapun juga," kata Fakhri Husaini dalam acara Hanif & Rendy Show di Youtube.

"Syaratnya harus punya standar latihan yang tinggi dan tim itu juga harus disiapkan secara matang. Tentu aspek segala kebutuhan tim harus diperhatikan semua. Kita punya referensi karena banyak juara dunia di usia muda dari negara yang tidak kita tahu," ucap Fakhri Husaini.

Timnas Indonesia U-19 punya 11 bulan lagi untuk mempersiapkan diri menuju Piala Dunia U-20 2021. Kabarnya, pemusatan latihan akan dimulai pada Juli mendatang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Percaya Diri Berprestasi

Timnas Indonesia U-19 bisa mengambil pejalaran dari perjalanan tim-tim di Piala Dunia U-20. Sejarah mencatat ada beberapa negara kejutan yang mampu menjadi juara di Piala Dunia U-20 2021.

Contohnya adalah Ghana pada 2009, Serbia pada 2015, dan Ukraina pada edisi 2019. Hal inilah yang membuat Fakhri Husaini menilai Timnas Indonesia U-19 punya peluang untuk berprestasi dalam ajang dua tahunan tersebut.

"Kita belajar dari pengalaman Piala Dunia U-20, yakni banyak negara yang juara itu bukan dari negara hebat di tim sepak bola senior. Pribadi saya menilai, U-16, U-18, dan U-20, kita masih punya peluang," ujar Fakhri Husaini.

"Asal bisa mempersiapkan tim sebaik mungkin, dengan standar latihan tinggi, bukan mustahil kita bisa berprestasi di level itu," lanjut mantan pelatih Timnas Indonesia U-16 itu.

Sumber: Youtube Hanif & Rendy Show

Video Populer

Foto Populer