Sukses


Yeyen Tumena Mengkritisi Sikap Blak-blakan Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Ketua Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI), Yeyen Tumena, mengkritisi sifat blak-blakan yang dilakukan Shin Tae-yong kepada media. Yeyen Tumena menilai sebagai pelatih Timnas Indonesia tak seharusnya Shin Tae-yong meremehkan pemain.

Pernyataan Yeyen Tumena itu mengacu kepada sifat blak-blakan yang dilakukan Shin Tae-yong sejak melatih Timnas Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu kerap menyebut fisik pemain Indonesia lemah dan masih buruk.

Yeyen menyebut, Shin Tae-yong sebagai pelatih seharusnya memotivasi pemain. Bukan justru meremehkan kemampuan yang dimiliki pemainnya.

"Jujur saja, sebagai pelatih menurut saya Shin Tae-yong terlalu banyak mengucapkan kata-kata yang tidak pantas, termasuk meremehkan pemain Indonesia," kata Yeyen Tumena.

"Seharusnya, pelatih memberikan motivasi dan perkataan yang positif kepada pemain dan timnya. Bukankah dia dibayar mahal untuk memperbaiki sepak bola Indonesia?," ujar mantan asisten pelatih Timnas Indonesia itu.

Sikap blak-blakan mengenai buruknya fisik pemain Indonesia memang sesuai fakta. Pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022, para pemain Indonesia terlihat kelelahan meski baru bermain selama 60 menitan.

Shin Tae-yong saat ini masih berada di Korea Selatan. Sampai sekarang, belum diketahui kapan pria berusia 51 tahun itu kembali ke Indonesia untuk menggelar pemusatan latihan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Disarankan Akhiri Konflik

Pelatih kawakan Indonesia, Bambang Nurdiansyah, meminta PSSI dan Shin Tae-yong segera mengakhiri konflik. Bambang berharap, keduanya bisa kembali fokus kepada persiapan Timnas Indonesia U-19 menuju Piala AFC U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

Shin Tae-yong terlibat perang dingin dengan PSSI terkait dengan pemilihan tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Shin Tae-yong berkeinginan untuk memboyong pemain ke Korea Selatan, namun PSSI tak mendukungnya.

Shin Tae-yong lantas meluapkan kekecewaannya terhadap PSSI dengan menceritakan segala permasalahan yang ada ke media Korea Selatan. Hal itu lantas membuat PSSI berang dan mengultimatum Shin Tae-yong untuk segera kembali ke Indonesia.

"Saya ingin, sudah hentikanlah konflik yang ada ini dengan mencari solusi yang terbaik. Persiapan harus jalan terus," kata Bambang Nurdiansyah kepada wartawan.

Bambang Nurdiansyah berharap PSSI dan Shin Tae-yong duduk bersama dan mencari solusi terbaik. Konflik ini harus segera terselesaikan agar Timnas Indonesia U-19 bisa segera melakukan persiapan.

"Kalau untuk polemik ini, menurut saya ya sudah cari jalan terbaik. Apa yang diinginkan Shin Tae-yong dan apa yang diinginkan PSSI, dicari jalan tengahnya karena yang terpenting persiapan ini terselamatkan," tegas eks pelatih PSIS Semarang itu.

Video Populer

Foto Populer