Sukses


Kisah Perjalanan Munadi, Pemain Persikabo yang Sempat Ingin Menjadi Petinju

Bola.com, Bogor - Publik pecinta sepak bola di Jawa Barat sudah pasti tidak asing dengan pemain bernama Munadi. Pemain Persikabo ini bisa dibilang sebagai pemain yang sudah malang melintang dalam persepakbolaan Tanah Air.

Munadi meniti karier mulai dari Tunas Patriot, kemudian Persikabo, dan kemudian Persib U-21 pada 2008 hingga 2009. Ketika membela Persib U-21, Munadi dinobatkan sebagai pemain terbaik di Liga Indonesia U-21.

Tampil moncer di Persib U-21, pemain kelahiran Bekasi ini naik ke tim senior pada 2009 hingga 2011. Setelah itu, ia pindah ke sejumlah klub, mulai dari Persikabo, Persibo Bojonegoro, Pelita Bandung Raya, Cilegon United, Lampung FC, dan kembali ke Persikabo.

Namun, yang menarik ternyata sepak bola bukanlah pilihan utamanya sejak kecil. Ketika masih kecil, Munadi memilih menekuni dunia tinju. Sang kakek yang melihat aktivitas keseharian Munadi dengan si kulit bundar pun menyekolahkannya ke sebuah SSB di Bekasi.

"Awalnya saya ikutan berlatih tinju. Sempat ikut latihan tinju selama lima bulan. Kemudian saya ketahuan sama nenek yang kemudian melarang saya menjadi petinju. Akhirnya saya bermain sepak bola di jalan sampai jempol kaki sobek terkena aspal," kisah Munadi kepada Bola.com, Selasa (30/6/2020).

"Kemudian kakek melihat saya bermain sepak bola. Akhirnya saya diminta untuk bersekolah sepak bola di Tunas Patriot. Saya menimba ilmu selama satu tahun di Tunas Patriot dan kemudian mengikuti seleksi tim Haornas Persipasi, alhamdulillah lolos," lanjutnya.

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Kembali ke Persikabo

Meski gagal bersama Tim Haornas Persipasi, Munadi mulai dilirik tim lain. Adalah Persikabo, yang kemudian merekrut Munadi. Setelah kembali ke tim Persikasi, Munadi pun dipinang tim Suratin Persib. Bersama tim Suratin Persib, akhirnya Munadi sukses merekuh juara.

"Kemudian saya masuk Diklat Persib cukup lama. Gabung Persib U-21 kemudian bergabung dengan Persib senior," ujarnya.

Bak pepatah, 'sejauh dan setinggi apapun burung terbang,  maka suatu saat dia akan kembali ke sarangnya', Munadi akhirnya kembali lagi ke pelukan Persikabo, tim yang membesarkan namanya. Munadi berharap, bersama Persikabo di Shopee Liga 1 musim 2020 bisa mencapai prestasi tertinggi setidaknya masuk papan atas.

"Semoga bersama Persikabo saya bisa memberikan yang terbaik dan membawa tim Persikabo menjadi tim kuat masuk jajaran tim papan atas," ujar Munadi mengakhiri pembicaraan.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer