Sukses


PSSI Langkahi FIFA Tetapkan 6 Stadion Piala Dunia U-20 2021, Begini Respons Menpora

Bola.com, Jakarta - PSSI disebutkan melangkahi FIFA dalam menentukan stadion sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mencoba menelaah duduk perkaranya.

PSSI tiba-tiba mengumumkan telah mengajukan enam stadion kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) demi mengebut pembangunan dan perbaikan infrastruktur untuk Piala Dunia U-20 2021. Padahal, FIFA belum memilih enam dari sebelas stadion yang disiapkan oleh PSSI.

Dalam rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, Menteri Koordinator Pembangungan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, dan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan di Istana Negara, Rabu (1/7/2020), Zainudin mendengar secara langsung argumentasi dari PSSI yang buru-buru menetapkan enam stadion untuk Piala Dunia U-20 2021.

"Tadi sudah diputuskan, karena jika kami menunggu keputusan FIFA, maka itu akan memakan waktu lama. Sementara, Kemen PUPR sudah membutuhkan waktu, baik untuk pengerjaan maupun persiapan administrasinya," kata Zainudin pada konferensi pers di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta, Rabu (1/7/2020).

"Vendor-nya saja paling tidak sekitar dua bulan. Belum lagi pengerjaan administrasinya. Maka tadi sudah diputuskan, kalau juga ada perubahan, itu akan segera disesuaikan dengan keputusan FIFA, yang kami ketahui, pada 14 April 2020, surat FIFA menyampaikan enam stadion yang akan digunakan. Dengan catatan, PSSI harus berkomunikasi dengan FIFA secara rutin sehingga itu menjadi keputusan," ujar Zainudin.

2 dari 3 halaman

6 Stadion Terpilih

Sebelumnya, PSSI telah mencanangkan sebelas stadion sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Enam di antaranya merupakan prioritas utama yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Stadion Manahan, Solo, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Sementara, lima stadion cadangan terdiri dari Stadion Utama, Riau, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, dan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Belakangan, dalam keputusannya belum lama ini, PSSI mengganti Stadion Pakansari dan Mandala Krida dengan Stadion Jakabaring dan Si Jalak Harupat untuk venue Piala Dunia U-20 2021. Adapun, penetapan enam stadion tersebut telah dilaporkan kepada FIFA dan Kemen PUPR.

"Nanti bagaimana keputusan FIFA, akan kami tunggu. Tapi kami harus segera memulai pekerjaan. Jadi itu hal penting yang harus diputuskan melalui rapat internal kabinet terbatas siang tadi yang langsung dipimpin oleh Pak Presiden," jelas Zainudin.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer