Sukses


Pesan Khusus Wali Kota Solo Setelah Stadion Manahan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Bola.com, Solo - Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mempunyai pesan khusus kepada pihak-pihak yang akan menggunakan Stadion Manahan. Terutama setelah stadion ini ditetapkan oleh PSSI masuk dalam daftar venue untuk Piala Dunia U-20 2021.

"Tentunya akan dipergunakan untuk kompetisi, atau kalau tidak saat Persis Solo main di kandang sendiri. Tapi pesan khusus dari saya adalah setiap main di Solo jangan sampai ada persoalan yang merugikan rencana pelaksanaan Piala Dunia U-20," terang Hadi Rudyatmo kepada Bola.com, Kamis (2/7/2020).

Markas Persis Solo ini sudah kelar proses renovasinya sejak awal tahun 2020. Sebelum digunakan untuk perhelatan akbar Piala Dunia U-20, Stadion Manahan perlu uji coba dan kelayakan.

Baru dua pertandingan dengan melibatkan penonton dalam jumlah besar di stadion ini pasca renovasi, yakni saat Persis Solo menantang Persib Bandung dalam uji coba 15 Februari lalu. Kemudian melawan Semen Padang beberapa waktu kemudian.

Stadion Manahan dikabarkan juga masuk pertimbangan PSSI, sebagai venue kelanjutan Liga 1 2020, jika kompetisi dilakukan dengan format home turnamen.

Rudy tidak mempersoalkan apabila Stadion Manahan dipergunakan sebagai venue kelanjutan Shopee Liga 1 atau Liga 2. Hanya. ia meminta semua pihakmerawat stadion yang baru saja direnovasi tersebut.

"Sampai saat ini baru surat proposal dari KemenPUPR, intinya imbauan untuk sama-sama menjaga Stadion Manahan. Agar tetap kondusifi, penonton bisa tertib. Sehingga ke depan bisa dipercaya lagi untuk event lain, mungkin saja giliran Piala Dunia senior," lanjut Rudyatmo.

2 dari 3 halaman

Terkendala Wabah

Stadion Manahan telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Februari lalu, bersamaan dalam pertandingan antara Persis kontra Persib. Renovasi stadion ini menelan anggaran Rp300 miliar dan saat ini dalam proses penyerahan dari pemerintah pusat kepada Pemkot Surakarta.

"Adanya COVID-19, membuat Stadion Manahan lama tidak digunakan. Nanti akan dibuka kembali, sebenarnya momentumnya pas dengan hari jadi Bhayangkara kemarin. Bisa bermain bola lagi dengan Polri, Pemkot, dan wartawan seperti biasanya," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Wawancara Elkan Baggott

Video Populer

Foto Populer