Sukses


Cerita Osas Saha tentang Karier Panjang di Indonesia hingga Kesempatan Membela Tim Garuda

Bola.com, Jakarta - Pesepak bola asal Nigeria yang telah menjadi Warga Negara Indonesia, Osas Saha, tentu bisa disejajarkan dengan pemain asing yang sukses menaklukkan kompetisi Liga Indonesia. Sepak bola Indonesia sudah melekat pada dirinya sejak masih muda.

Pemain berusia 33 tahun ini telah melewati tahun demi tahun berkarier di Indonesia dengan bergabung bersama banyak tim. Satu di antaranya berujung kesuksesan, yakni pernah mencicipi gelar juara bersama Persija Jakarta.

Namun, banyak yang tidak mengetahui bagaimana kiprah dan sepak terjang Osas Saha hingga bisa sukses sebagai pemain di Indonesia. Termasuk keberhasilannya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan mendapat kesempatan membela Timnas Indonesia.

Cerita itu diungkapkan dalam perbincangan dengan pemain Bhayangkara FC, Adam Alis, melalui channel YouTube yang mengupas karier sosok Ikpefua Osas Marvelous atau yang dikenal dengan nama Osas Saha.

Osas Saha menjelaskan mengapa betah tinggal di Indonesia, termasuk bermain untuk banyak klub di Indonesia. Bahkan namanya sudah tenar saat Adam Alis masih menikmati tontonan pertandingan Liga Indonesia.

"Saya sudah lama tinggal di Indonesia. Datang pertama kali ke Indonesia pada 2006 dan bergabung dengan PSDS Deli Serdang, lalu pindah ke PSMS Medan, PSAP Sigli, balik ke PSMS," ungkap Osas Saha.

"Kemudian ke Madura United, Persisam Samarinda, Persiram Raja Ampat, Semen Padang, Perseru Serui, Penang FA, lalu ke Persija, Persikabo, dan terakhir ini di PSM Makassar," katanya.

Osas Saha tidak pernah melupakan momen istimewa, yakni saat bermain di PSMS Medan pada musim 2012. Sebuah gol indah melalui salto dicetak untuk tim Ayam Kinantan.

"Gol terbaik saya saat berseragam PSMS musim 2012, melawan Persija Jakarta di Medan, skor akhir 3-3. Berawal dari umapn silang, saya kontrol bola dengan dada dan diakhiri tendangan salto," kenangnya.

 

Video

2 dari 2 halaman

Kenangan Bersama Timnas Indonesia

Kenangan lainnya adalah saat Osas Saha ikut menjadi bagian dari Persija Jakarta menjuarai Liga 1 musim 2018 lalu. Persija sukses menyudahi penantian panjang 18 tahun untuk kembali menjadi tim terbaik di Indonesia.

Kariernya di Indonesia semakin lengkap saat Osas Saha berkesempatan membela Timnas Indonesia. Ia dinaturalisasi pada 2018 dan sempat memperkuat Timnas Indonesia.

"Pertama tampil untuk Timnas Indonesia sangat istimewa. Suatu momen yang luar biasa dalam hidup saya. Saya main dua kali melawan Thailand dan Malaysia. Meski belum sempat mencetak gol, tapi menjadi kesempatan yang luar biasa," jelas Osas Saha.

Video Populer

Foto Populer