Sukses


Bima Sakti Ungkap Pengalaman Berbeda saat TC Timnas Indonesia U-16 pada Masa New Normal

Bola.com, Bekasi - Timnas Indonesia U-16 menjadi yang pertama menggelar pemusatan latihan bersama pada masa new normal. Pelatih Bima Sakti mengaku ada sejumlah kebiasaan baru yang dilakukan dalam pemusatan latihan.

Timnas Indonesia U-16 menggelar pemusatan latihan di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi sejak Senin (6/7/2020). Selama sepekan ini, para pemain masih mendapatkan menu latihan ringan untuk kembali menemukan ritme permainan.

"Program latihan kebanyakan digelar secara terpisah dan tidak ada kontak fisik. Kecuali pada hari senin, kami mengingatkan kembali Filanesia yang menjadi filosofi sepak bola Indonesia," kata Bima Sakti dalam konferensi pers virtual, Sabtu (11/7/2020).

Selama pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16, diterapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal itu sudah dilakukan sejak masih di hotel, dalam perjalanan ke stadion, di dalam stadion, di lapangan, hingga di ruang ganti.

"TC kali ini terasa berbeda karena dijalankan dengan protokol kesehatan. Mulai dari berangkat ke stadion, ketika di kamar disemprot disinfektan, di dalam bus juga, kemudian di ruang ganti," ujar Bima Sakti.

"Tim dokter juga sudah memberikan masker dan hand sanitizer kepada pemain. Mereka wajib menggunakan masker sejak dari hotel hingga tiba di stadion. Hanya ketika di lapangan saja masker dipindahkan ke dagu. Ketika makan juga kami memberikan jarak minimal 1 meter antarpemain," ujar Bima Sakti.

Penerapan new normal dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 akan dilakukan sampai selesai. Hal ini bakal menjadi kebiasaan baru yang harus segera diadaptasi para pemain.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Belum Intens

Pelatih Bima Sakti memang sengaja tidak menerapkan menu dengan intensitas tinggi pada pekan pertama pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16. Hal itu dilakukan agar para pemain tidak kaget setelah beberapa bulan berlatih sendiri.

Bima Sakti juga menyebut ada perkembangan kondisi fisik yang dialami para pemain. Namun, pihaknya memilih untuk tidak langsung memberikan menu latihan berat.

"Untuk latihan memang sedikit berbeda karena sistem interval dua-dua tetap menjaga jarak. Sifatnya individual dan ada juga dengan bola. Kalau saya lihat ada perkembangan fisik. Namun, tim pelatih tidak bisa memaksakan latihan dengan intensitas tinggi seperti biasa, jadi kami melakukan adaptasi latihan dulu," tegas Bima Sakti.

Video Populer

Foto Populer